Seberapa Rutin Ibu Hamil Harus Memeriksakan Kandungannya?

Penting untuk bumil ketahui, bahwa tidak ada orang yang bisa memprediksi masalah yang kerap kali di alami oleh ibu hamil. Namun, cara yang tepat untuk memonitor kesehatan ibu hamil juga janin dalam kandungan yaitu dengan cara rutin melakukan asuhan antenata.

Apa itu asuhan antenatal? Dan seperti apa bentuknya? Pemeriksaan antennal care atau ANC yaitu proses pemeriksaan kehamilan yang bertujuan untuk mengoptimalkan kesehatan mental juga kesehatan fisik ibu hamil, sampai ibu hamil tersebut benar-benar siap untuk menghadapi masa persalinan, kala nifas, persiapan dalam pemberian ASI, serta kembalinya kesehatan reproduksi secara wajar.

Lantas, apa tujuan dari dilakukannya asuhan antennal? Berikut ini ada beberapa alasan mengapa ibu hamil harus bahkan wajib untuk menjalankan asuhan antennal ini, yaitu sebagai berikut:

  1. Mampu meningkatkan kesehatan ibu hamil secara fisik, mental juga sosial.
  2. Mampu memantau kemajuan kehamilan Anda dengan baik
  3. Mengenali sejak dini ketika adanya ketidaknormalan terhadap kehamilan Anda, adanya masalah, serta mengetahui jika adanya masalah komplikasi selama kehamilan.
  4. Agar bisa mempersiapkan persalinan dengan baik sejak dini
  5. Mempersiapkan pemberian ASI yang eksklusif
  6. Bahkan agar bumil bisa mempersiapkan diri agar bisa menerima kehadiran buah hati

Sesuai dengan anjuran dari Departemen kesehatan RI, maka proses pemeriksaan kehamilan atau bahkan asuhan antennal setidaknya harus di lakukan sebanyak 4 kali selama menjalankan masa kehamilan. Satu kali di lakukan di usia kehamilan yang masih muda, yaitu trimester pertama, satu kali di lakukan di trimester kedua, dan dua kali pemeriksaan di lakukan pada trimester ketiga.

Ada beberapa aksus kehamilan yang bisa digolongkan pada kehamilan yang bermasalah, sehingga pemeriksaan yang rutin selama kehamilan merupakan satu hal yang sangat penting untuk di lakukan. Blighted ovum, preeklampsia, kehamilan anggur, kehamilan ektopik, dan plasenta previa merupakan salah stau bentuk masalah dalam kehamilan yang harus benar-benar Anda waspadai dengan benar.

Baca Juga:  Mengetahui Penyebab dan Cara Mengatasi Ambeien Saat Hamil

Dan melalui pemeriksaan kehamilan, maka Anda bisa mengetahui sejak dini jika terdapat gejala kehamilan yang bermasalah atau gejala kehamilan yang tidak normal yang nantinya bisa mempengaruhi kesehatan Anda juga janin dalam kandungan Anda.

Nah, di bawah ini ada beberapa aspek yang wajib untuk Anda cermati selama masa kehamilan, dimulai dari trimester pertama sampai trimester ketiga. Yaitu sebagai berikut:

Pada trimester pertama yaitu di usia kehamilan 0-13 minggu, wanita hamil umumnya akan merasakan gejala mual, muntah, lemas serta nyeri di bagian payudara, bahkan kerap kali ibu hamil akan lebih emosional. Dan di usia kehamilan ini, bumil harus benar-benar memperhatikan asupan nutrinya.

Di trimester kedua usia kehamilan atau di usia 14-26 minggu, masa ini merupakan masa yang paling menyenangkan bagi bumil, karena gejala-gejala kehamilan yang di rasakan di trimester pertama sudah menghilang. Bahkan di usia kehamilan ini, bumil mulai bisa merasakan gerakan dari janin yang ada di dalam kandungan. Namun di usia ini, bumil akna merasakan gejala kehamilan yang lain, seperti nyeri di bagian punggung, nyeri perut, kram kaki, dan sembelit.

Di usia kehamilan trimester tiga ini, yaitu di usia 27-40 minggu, umumnya wanita hamil akan mengalmi keluhan seperti ambeien, napas yang cepat, varises kaki, masalah tidur, adanya perasaan tidak nyaman pada tenggorokan, serta kesulitan mengontrol kemih yang terkadang bisa menyebabkan mengompol. Dan di masa ini, Anda akan semakin dekat menghadapi masa persalinan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517