Sayuran Untuk Bayi: Manfaat Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang berasal dari timur tengah. Sayuran jenis ini sudah lama dibudidayakan di negri kita ini. Manfaat brokoli untuk kesehatan sangat luar biasa, terutama untuk kesehatan si kecil. Brokoli dikategorikan sebagai salah satu jenis sayuran yang baik untuk bayi yang direkomendasikan oleh ahli kesehatan anak.

Sayuran brokoli sudah mulai bisa diperkenalkan pada bayi sejak usia 7 bulan sebagai makanan pendamping ASI. Brokoli bisa Anda sajikan pada bayi dalam bentuk nasi tim saring ataupun bubur. Kandungan nutrisi brokoli diantaranya yaitu vitamin A, vitamin C, karotenoid, vitamin E dan asam folat. Lalu apa manfaatnya untuk tumbuh kembang bayi?

Berikut Ini Beberapa Manfaat Brokoli Untuk Bayi

  • Antioksidan

Kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E pada brokoli sangat berguna sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Jika diberikan secara teratur pada bayi maka sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Dengan begitu si kecil tidak akan mudah sakit dan proses tumbuh kembangnya tidak terganggu.

  • Kesehatan tulang

Manfaat brokoli untuk bayi yang selanjutnya yaitu menjaga kesehatan tulang. Hal ini karena brokoli mengandung vitamin K dan kalsium. Selain itu kalsium juga sangat bagus untuk menunjang pertumbuhan gigi bayi.

  • Mengurangi kolesterol

Brokoli banyak mengandung serat larut yang berguna untuk menarik kolesterol dari dalam tubuh si kecil. Dengan begitu maka tidak akan terjadi penumpukan kolesterol yang bisa memmbahayakan kesehatan bayi.

  • Detoksifikasi

Kandungan fitonutrien pada brokoli berperan penting dalam proses detoksifikasi racun dari dalam tubuh. Mengkonsumsi brokoli secara teratur tentunya akan membuat si kecil selalu sehat dan terhindar dari penyakit berbahaya yang bisa mengganggu proses tumbuh kembangnya.

  • Menjaga fungsi hati
Baca Juga:  5 Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Pada Bayi

Secara umum, organ tubuh bayi belum sepebuhnya berfungsi dengan baik sehingga dibutuhkan asupan makanan yang bisa membantu menjaga kesehatannya dari dalam. Nah, dengan mengkonsumsi brokoli maka akan membantu meningkatkan sistem imun si kecil sehingga terhindar dari penyakit yang bisa membahayakan organ hati. Pada dasarnya brokoli memiliki senyawa antioksian untuk menjaga kesehatan hati si kecil.

  • Mencegah alergi dan peradangan

Brokoli mengandung anti-imflamasi yang berguna untuk mencegah terjadinya alergi dan perdangan pada bayi. Selain itu, sayuran jenis ini juga ternyata mengandung asam lemak omega-3 yang berguna untuk meningkatkan kecerdasan si kecil.

Nah, itulah manfaat brokoli untuk bayi. Sajikan brokoli sebagai makanan sehat pendamping ASI untuk si kecil. Dalam penyajiannya, brokoli bisa Anda olah menjadi puree, bubur ataupun nasi tim saring. Namun jika usia anak sudah menginjak 2 tahun keatas, berokoli bisa Anda sajikan dalam bentuh utuh seperti sayur sup ataupun tumis brokoli.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517