Sayur Bayam, Inilah Bahayanya Bagi Ibu Hamil!

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung banyak nutrisi. Manfaat bayam untuk kesehatan tidak perlu di ragukan lagi. Salah satunya yaitu untuk mencegah penyakit anemia. Hal ini karena bayam mengandung zat besi yang berguna untuk membantu pembentukan hemoglobin.

Dibalik manfaatnya yang luar biasa, ternyata bayam memiliki efek samping terhadap kesehatan ibu hamil. Bahaya bayam bisa dipicu oleh kesalahan pada waktu mengolahnya. Letak kesalahannya yaitu terlalu lama di rebus dan memasaknya dalam jumlah banyak sehingga dikonsumsi saat sudah dingin. Mengkonsumsi bayam yang sudah dingin dan dihangatkan berkali-kali sangat berbahaya bagi ibu hamil.

Bahaya bayam untuk ibu hamil bukan isapan jempol belaka. Menurut sebuah riset menemukan bahwa bayam mengandung senyawa berbahaya yang bisa mengakibatkan gangguan pada kehamilan jika perlakuannya salah.

Nah, Berikut Ini Ada Beberapa Bahaya Bayam Untuk Ibu Hamil

  1. Memicu masalah pada pencernaan

Kandungan serat pada bayam memang sangat bagus untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Namun jika dikonsumsi terlalu banyak maka akan mengakibatkan gangguan pencernaan seperti kram perut, perut kembung dan perut bergas.

  1. Resiko batu ginjal

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit ginjal sebaiknya menghindari konsumsi bayam selama hamil. Hal ini karena bayam mengandung asam oksalat yang bisa memicu batu ginjal. Penyakit batu ginjal bisa mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan mengganggu perkembangan janin. Maka dari itu sebaiknya Anda menghindari konsumsi bayam secara berlebihan jika memiliki penyakit ginjal.

  1. Keracunan

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung senyawa Fe2+ yang berguna dalam membantu pembentukan sela darah merah dan emncegah anemia. Akan tetapi jika bayam dibiarkan terlalu lama dalam bentuk makanan matang maka akan teroksidasi oelh oksigen sehingga menjadi senyawa Fe3+. Zat tersebut merupakan zat racun yang berbahaya bagi tubuh, terutama ibu hamil. Nah, bagi itu disarankan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi sayur bayam ketika masih hangat.

  1. Mempengaruhi proses persalinan

Jangan terlalu banyak mengkonsumsi bayam karena bisa mempersulit persalinan. Mengapa demikian? Hal ini karena bayam mengandung salisilat yang bisa memicu pendarahan dan kontraksi berkepanjangan pada waktu persalinan.

Itulah bahaya bayam bagi ibu hamil, konsumsilah bayam secara teratur dengan porsi yang sesuai. Biasakan untuk mengolah bayam dengan cara yang benar dan hindari mengkonsumsi bayam yang sudah dingin atau berulang kali dihangatkan.

Mengkonsumsi bayam pada waktu hamil tidak dilarang, justru ahli kesehatan sangat menganjurkan karena bayam mengandung sejumlah nutrisi yang berguna untuk kesehatan dan perkembangan janin. Namun, yang perlu diperhatikan adalah cara pengolahan, penyajian dan porsinya. Jika dikonsumsi dengan cara yang benar dan porsi tepat maka bayam sangat bermanfaat bagi ibu hamil.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517