Sari Jeruk Manis: Minuman Sehat Untuk Bayi

Sari jeruk manis sangat bagus untuk melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil. Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang banyak mengandung vitamin C. Manfaat vitamin C pada buah jeruk yaitu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, buah jeruk manis memiliki kandungan senyawa fitonutrien yaitu flavonoid dan inisitol yang berguna untuk kesehatan sistem saraf, otot dan mencegah terjadinya infeksi virus dan bakteri.

Antioksidan pada buah jeruk bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit bayi dari kerusakan akibat radikal bebas. Buah jeruk juga mengandung beta cryptoxanthin untuk mencegah penyakit paru-paru sejak dini. Selain itu buah jeruk juga mengandung vitamin B6 yang berguna untuk mendukung produksi hemoglobin dan menjaga tekanan darah supaya tetap normal.

Berikut ini cara mudah untuk membuat sari jeruk manis

Bahan yang diperlukan:

  • 1 buah jeruk manis (jeruk baby atau jeruk pontianak)

Cara membuat air jeruk manis:

  1. Cuci buah jeruk hingga benar-benar bersih.
  2. Belah jeruk menjadi dua bagian dan iris melintang.
  3. Peras buah jeruk menggunakan perasan khusus.
  4. Tuangkan air perasan ke dalam cangkir kecil dan sajikan pada bayi menggunakan sendok.

Mudah sekali bukan untuk membuat sari jeruk manis untuk si kecil? Pilihlah buah jeruk yang benar-benar manis seperti jeruk baby, jeruk medan atau jeruk pontianak. Sari jeruk sebaiknya diberikan pada bayi secara teratur dan jangan berlebihan karena bisa mengakibatkan gangguan pada sistem pencernaan.

Pemberian sari jeruk dalam jumlah banyak bisa mengakibatkan gangguan kesehatan yang cukup serius seperti diare kronik, perut kembung dan peradangan usus. Selain itu, asupan sari jeruk yang terlalu banyak bisa menurunkan nafsu makan si kecil dan cenderung lebih memilih mengkonsumsi minuman tersebut secara terus menerus.

Sebagai orangtua, Anda harus mengetahui batasan-batasan dalam memberikan asupan makanan atau minuman untuk si kecil pada tahap MPASI. Asupan makanan yang tepat akan membantu mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil. Segala sesuatu yang terlalu berlebihan tentunya tidak baik untuk tubuh dan bisa membahayakan kesehatan.

Related Posts

Share This