Saran Untuk Program Kesehatan Gigi Bayi

Menjaga kesehatan gigi bayi merupakan suatu hal yang tidak boleh diabaikan. Hal ini karena kesehatan gigi pada bayi bisa mempengaruhi pertumbuhannya. Kerusakan yang terjadi pada gigi bisa mengakibatkan dampak negatif seperti perubahan bentuk mulut ataupun tatanan gigi. Oleh karena itu kesehatan gigi dan mulut perlu perhatian sejak dini untuk mencegah kelainan pada gigi dikemudian hari.

Disamping menjaga kesehatan gigi bayi dengan cara membersihkannya menggunakan kain yang halus, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal untuk menjaga kesehatan gigi tersebut. Kesehatan gigi bayi tidak saja dipengaruhi dari bagaimana cara membersihkannya, akan tetapi ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kesehatan gigi baik itu pengaruh makanan ataupun kebiasaan bayi.

Kesehatan Gigi Bayi

Beberapa Saran Penting Yang Berhubungan Dengan Program Kesehatan Gigi Bayi

  • Menyusui bayi

Menyusui merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut bayi. Sebagaimana yang dikemukakan oleh sebagian dokter gigi anak bahwa menyusui mempunyai efek positif dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi bayi. Proses menyusui akan membantu terkatupnya rahang atas dan bawah dengan sangat baik. Nah, dari sana dapat disimpulkan bahwa mnyusui tidak hanya menjaga kesehatan gigi, akan tetapi berperan penting dalam pembentukan/penyatuan rahang.

  • Menghindari jenis makanan yang mempunyai tekstur lengket

Jenis makanan yang dikonsumsi oleh bayi mempunyai pengaruh terhadap kesehatan giginya. Bagi Anda yang saat ini mempunyai bayi dan mulai tumbuh gigi sebaiknya menjauhkan bayi Anda dari makanan yang mempunyai tekstur lengket seperti caramel ataupun makanan manis lainnya. Makanan seperti itu biasanya akan tertinggal di sela-sela gigi sehingga memicu pertumbuhan bakteri. Lama kelamaan akan terjadi pembusukan dan terbentuknya plak pada gigi bayi sehingga menyebabkan kerusakan pada gigi.

  • Jangan membiasakan bayi tidur dengan botol susu yang masih menempel

Terkadang ada sebagian orangtua yang membiarkan bayinya tertidur dengan botol susu yang masih menempel pada mulutnya. Hal tersebut mereka lakukan supaya bayi tetap tenang. Perlu Anda ketahui bahwa membiarkan botol susu tetap menempel pada mulut bayi ketika tidur sangat beresiko menyebabkan kerusakan gigi. Pada waktu tidur, aliran/produksi air liur di dalam mulut bayi akan berkurang sehingga makanan atau minuman yang tertinggal pada mulut tidak bisa dibersihkan. Susu dengan kandungan gula akan membanjiri mulut bayi sehingga akan memicu plak dan bakteri yang merusak kesehatan gigi.

Pada waktu bayi tertidur pada malam hari ataupun siang hari sebaiknya Anda melepaskan botol susu tersebut untuk mencegah kerusakan gigi. Alangkah lebih baiknya apabila bayi disusui sampai kenyang sebelum tertidur supaya ketika tidur botol susu bisa dilepaskan.

  • Hindari kebiasaan menyusui bayi pada malam hari

Kebiasaan memberikan susu botol pada malam hari merupakan salah satu pemicu kerusakan gigi bayi. susu formula mengandung gula yang cukup tinggi sehingga dengan mudah menyebabkan plak dan pembusukan pada gigi. Berbeda dengan susu formula, ASI lebih baik diberikan kepada bayi karena kandungan gula alami pada ASl masih bisa ditoleransi sehingga kebusukan gigi tidak separah yang diakibatkan kandungan gula pada susu formula.

Untuk melakukan penyusuan pada malam hari sebaiknya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi anak. Apabila dokter menyatakan hal tersebut tidak masalah maka Anda bisa melakukan hal tersebut dan sebaiknya bersihkan gigi bayi pada esok harinya untuk meminimalisir terjadinya pembusukan gigi. Anda harus mempertimbangakn seluruh manfaat medis terkait penyusuan malam hari dan hubungannya dengan kesehatan gigi bayi. Selain itu, Anda juga dituntut untuk lebih bijaksana dalam menjaga kesehatan gigi bayi dengan cara malakukan pemeriksaan gigi secara rutin dan membersihkan gigi bayi setelah diberi makanan atau selesai diberi ASI.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517