Saran Untuk Kehamilan 8 Minggu

Kehamilan 8 minggu berarti Anda memasuki tahap akhir bulan kedua kehamilan. Pada masa ini mungkin Anda akan sedikit mengalami kenaikan berat badan meskipun tidak terlalu signifikan. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan maka kemungkinan Anda untuk mengalami keguguran semakin kecil karena kondisi janin dalam rahim sudah semakin kuat.

Pada usia kehamilan 8 minggu, janin semakin berkembang dengan baik dan berat janin juga bertambah. Salah satu hal penting pada tahapan ini adalah dengan memperhatikan asupan nutrisi guna mendukung tumbuh kembang janin secara optimal.

Pada usia 8 minggu kehamilan, perkembangan bentuk janin sudah hampir sempurna. Sebelumnya pada minggu 7 bayi mengalami perkembangan dalam hal bentuk wajah, otot, tulang dan organ-organ tubuh lainnya. Tulang yang pertama kali terbentuk berawal dari tulang rawan yang kemudian berkembang menjadi tulang rangka seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.

Keluhan Seputar Kehamilan 8 Minggu

Keluhan yang mungkindiderita oleh wanita diusia kehamilan 8 minggu adalah nyeri perut bagian bawah. Faktor penyebabnya tidak lain yaitu karena janin yang semakin berkembang akan memperlebar rahim. Secara sekilas mungkin Anda akan merasakan kontraksi rahim dan adanya pengetatan.

Pengaruh hormone yang semakin meningkat juga menyebabkan perubahan fisik pada ibu hamil seperti ukuran payudara. Hal ini dipicu juga sebagai proses adaptasi untuk mempersiapkan proses penyusuan setelah bayi lahir.

Bahkan pembuluh darah disekitar payudara akan mengalami penggelapan. Hal ini karena sirkulasi darah yang semakin meningkat. Selain itu, pada usia kehamilan 8 minggu juga akan dirasakan gejala nyeri panggul sehingga memicu sakit pada kaki.

Gejala mual dan muntah nampaknya mulai mereda pada tahapan ini. Memasuki trimester kedua, memang kondisi ibu hamil akan semakin membaik. Namun dalam hal ini Anda harus tetap memperhatikan asupan makanan yang bergizi guna menjaga tumbuh kembang janin secara optimal.

Tips Kehamilan 8 Minggu

Bagi ibu hamil usia 8 minggu sebaiknya senantiasa menjaga kesehatan tubuh dan hindari melakukan aktivitas yang bisa memicu kelelahan. Lakukan tes kesehatans ecara rutin untuk mengontrol tekanan darah.

Perhatikan asupan makanan yang bergizi dan terapkan diet sehat selama kehamilan. Artinya Anda tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi makanan. Pilihlah jenis makanan yang sehat dan berkualitas. Makanan yang Anda konsumsi harus melalui proses pengolahan yang benar guna mencegah terjadinya infeksi pada janin.

Hindari produk olahan daging. Jika Anda ingin mengkonsumsi daging sebaiknya mengolahnya sendiri sehingga kehigienisan dari makanan tersebut lebih terjaga. Disamping itu, hindari juga makanan berlemak dan mengandung banyak gula karena beresiko terhadap kesehatan Anda serta tumbuh kembang janin.

Terapkan pola makan sehat dan teratur. Jika masih merasakan mual dan kerap kali muntah maka sebaiknya konsumsi makanan dalam porsi yang sedikit, akan tetapi jadwal makan diperbanyak. Misalnya saja jadwal makan Anda sehari menjadi 5 kali atau bahkan lebih. Hal ini sebagai upaya untuk menghindari gejala muntah.

Lakukan juga olahraga ringan guna menjaga kebugaran tubuh. Salah satu contohnya jalan kaki santai pada pagi hari. Selain menjaga kebugaran tubuh, olahraga ringan sangat berguna untuk menghilangkan kelelahan yang Anda derita diawal kehamilan.

Perbanyak juga pengetahuan seputar menjaga kehamilan dan persiapan persalinan. Pengetahuan kehamilan sangat penting supaya Anda bisa menjaga kehamilan dengan benar. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter, orang yang berpengalaman ataupun membaca panduan dari buku-buku. Selamat menjalani kehamilan sehat. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This