Sangat Menakjubkan, Ini Dia Manfaat Getah Pepaya yang Baik Untuk Kesehatan

Pepaya merupakan salah satu jenis tanaman yang hidup didaerah tropis. Buah pepaya yang sudah matang memiliki rasa manis dan buah ini banyak sekali diminati. Selain buahnya, ternyata daun pepaya juga bisa dikonsumsi sebagai lalapan dan bahkan diolah menjadi obat tradisional. Biji pepaya bisa digunkan juga dalam mengobati penyakit cacingan. Disamping itu, yang belum diketahui oleh banyak orang yaitu manfaat getah pepaya untuk kesehatan.

Kebanyakan orang mungkin tidak mengetahui akan khasiat dan potensi dari getah pepaya. Namun jika ditelusuri lebih jauh lagi ternyata getah pepeaya menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan. Pada dasarnya getah pepaya mengandung enzim papain. Nah, enzim papain tersebut banyak dimanfaatkan oleh industri farmasi untuk pembuatan obat.

Dan di bawah ini merupakan beberapa manfaat getah papaya yang memang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi masalah kesehatan, yaitu sebagai berikut:

1. Mengobati Luka Bakar

Luka bakar ternyata bisa disembuhkan menggunakan getah pepaya. Caranya yaitu dengan mengoleskan getah pepaya pada bagian luka secara merata. Getah pepaya bisa mempercepat penyembuhan luka sehingga mencegah kondisi luka bakar yang lebih serius.

2. Mengatasi Tumit Pecah-pecah

Musim hujan atau musim kemarau biasanya menyebabkan masalah pada tumit seperti kulit pecah-pecah pada bagian tersebut. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan getah pepaya dengan cara dioleskan atau digosokkan pada bagian tumit tersebut. Biarkan selama kurang lebih 15 menit dan bersihkan menggunakan air. Untuk mendapatkan hasil yang efektif lakukan setiap hari.

3. Mengobati Sakit Gigi

Sakit gigi memang sangat menyiksa dan menghambat aktivitas karena seringkali menimbulkan nyeri yang tak tertahankan. Namun, sakit gigi bisa Anda obati dengan menggunakan ramuan herbal yaitu getah pepaya. Caranya yaitu dengan mengoleskan getah pepaya pada gigi yang sakit menggunakan kapas.

4. Mengobati Kutil

Kutil atau papilloma merupakan jenis tumor jinak pada kulit akibat penebalan lapisan kulit secara berlebihan. Kutil kemungkinan bisa mencapai ukuran yang lebih besar. Untuk menghilangkanya, Anda bisa menggunakan getah pepaya dengan cara mengoleskannya.

5. Mengobati Kulit Melepuh

Kulit melepuh atau mengelupas akibat terkena panas maka bisa Anda atasi menggunakan getah pepaya. Lebih efektifnya diaplikasikan pada malam hari.

Nah, luar biasa sekali bukan manfaat getah pepaya untuk kesehatan. Namun dalam menggunakan getah pepaya sebaiknya Anda berhati-hati sebab getah pepaya bisa menyebabkan gatal-gatal pada kulit. Lakukan secara hati-hati supaya tidak tercecer pada bagian kulit lainnya.

Getah pepaya yang bagus untuk digunakan yaitu pepaya yang masih muda. Kandungan enzim papain pada buah pepaya muda masih sangat tinggi sehingga memiliki khasiat yang lebih ampuh dalam mengatasi penyakit ringan pada tubuh Anda.

Sebelum diambil getahnya, alangkah lebih baik jika pepaya muda yang akan Anda gunakan dicuci terlebih dahulu hingga bersih. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This