Sakit Punggung Saat Hamil? Ini Dia Cara Untuk Mengatasinya

Telah kita ketahui, bahwa kehamilan merupakan salah satu masa yang paling membahagiakan bagi sebagian besar orang, terutama perempuan. Akan tetapi, masih banyak para ibu hamil yang mengalami keluhan selama masa kehamilan berlangsung, dan salah staunya yaitu sakit punggung saat hamil. Sebenarnya apa sih penyebab terjadinya sakit punggung saat hamil, dan bagaimana cara dalam mengatasinya?

Nyeri punggung saat hamil bisa saja menjadi pertanda yang bagus, yakni bahwa keadaan janin yang berada di dalam kandungan sedang dalam keadaan tumbuh. Semakin janin bertambah besar, maka beban yang akan Anda rasakan pada punggung akan semakin besar juga.

Keadaan punggung sakit saat hamil juga bisa terjadi ketika adanya panggul yang bertemu dengan tulang belakang, yakni di bagian sendi sacroiliac, sehingga terjadinya sakit punggung saat hamil.

Bagaimana cara mengatasi sakit punggung saat hamil? Untuk mengatasinya, berikut kami berikan beberapa cara dalam mengatasi sakit punggung selama kehamilan, yaitu sebagai berikut:

  1. Olahraga

Dengan olahraga secara teratur, bisa dan mampu memperkuat juga meningkatkan fleksibilitas otot Anda. Bukan hanya itu, dengan berolahraga, juga bisa mengurangi stress di bagian tulang belakang Anda.

Untuk jenis olahraga yang aman untuk di lakukan ibu hamil yaitu berjalan kaki, berenang, juga bersepeda statis. Atau Anda bisa meminta saran dari dokter atau ahli fisik mengenai olahraga apa yang cocok untuk Anda lakukan untuk memperkuat bagian punggung juga perut Anda, yang pastinya aman di lakukan selama kehamilan.

  1. Kompres Panas dan Dingin

Anda bisa mengompres bagian punggung yang sakit dengan menggunakan air panas atau dingin, dan itu merupakan cara yang efektif untuk mengurangi sakit punggung saat hamil. Cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan meletakkan kompresan dingin, misalkan seperti handuk yang telah di isi es atau sayuran beku, setelah itu tempelkan di daerah yang terasa sakit selama kurang lebih 20 menit.

  1. Memperbaiki Postur

Dengan membungkuk bisa membuat bagian tulang belakang Anda menjadi lebih tegang. Oleh karena itu, Anda harus bisa menjaga postur tubuh Anda yang tepat ketika Anda bekerja, duduk atau bahkan ketika tidur.

  1. Konsultasi

Jika sakit punggung yang Anda rasakan berkaitan dengan stress yang Anda alami, maka Anda bisa berbicara dengan teman, sodara atau bahkan kerabat yang memang Anda percaya. Atau bahkan Anda bisa berkonsultasi langsung dengan ahli yang memang bisa membantu keluhan Anda ini.

  1. Akupunktur

Sebuah penelitian telah menunjukkan, bahwa akupuntur juga sangat efektif di lakukan guna mengurangi nyeri punggung saat hamil di bagian bawah. Namun, sebelum Anda melakukan hal ini, maka sebaiknya Anda mengkonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter spesialin Anda.

Itulah beberapa cara dalam mengatasi sakit punggung saat hamil. Semoga tips dan cara yang kami berikan kali ini bisa sangat membantu Anda semua. Selamat mencoba!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517