Sajian Nasi Tim Hati Ayam dan Wortel Untuk Bayi

Bayi yang sudah menginjak usia 7 bulan sudah mulai bisa diperkenalkan dengan makanan yang bertekstur lebih kasar dan padat. Pada usia 7 bulan Anda bisa memberikan nasi tim saring dengan campuran beragam campuran seperti sayuran dan lauk pauk. Nasi tim saring sangat efektif untuk bayi sampai usia 8 bulan sebagai pendamping ASI. Pada usia 9 bulan, tekstur makanan untuk si kecil bisa ditingkatkan lagi menjadi lebih padat yaitu nasi tim tanpa saring.

Dalam membuat menu makanan pendamping ASI, perlu diperhatikan komposisi nutrisi atau zat gizi seperti protein, vitamin, mineral dan zat penting lainnya. Komposisi zat gizi tersebut sangat berguna untuk menunjang perkembangan si kecil di setiap tahapnya.

Berikut resep untuk membuat nasi tim hati ayam dan wortel yang bergizi untuk bayi

Bahan utama:

  • 25 gram labu siam
  • 1 genggam beras
  • 50 gram hati ayam (potong kecil-kecil)
  • 1 buah wortel (potong kecil-kecil)
  • 1 sdm minyak
  • Air
  • Garam (untuk bayi 1 tahun)

Bahan pelengkap:

  • 1 butir telur ayam
  • ½ tomat (potong menjadi 6 bagian)
  • 2 lembar sawi putih (bagian daun)

Cara membuat nasi tim hati ayam dan wortel:

  1. Cuci beras sampai bersih, lalu masak dengan air.
  2. Masukkan labu siam, hati ayam dan wortel.
  3. Tambahkan minyak dan garam (untuk bayi 1 tahun) dan aduk sampai tercampur.
  4. Masak hingga nasi matang dan empuk seperti bubur.
  5. Angkat dan tuangkan ke dalam mangkuk, tunggu beberapa saat supaya panasnya hilang. Kemudian tambahkan telur rebus, irisan tomat dan sawi, lalu sajikan saat masih hangat.

Hati ayam mengandung zat besi yang berguna untuk proses pembentukan sel darah merah. Kandungan zinc (seng) di dalam hati ayam berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Selain itu hati ayam mengandung beragam vitamin yaitu vitamin B12, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K dan vitamin B6 yang bermanfaat untuk mengoptimalkan perkembangan si kecil.

Hati ayam harus diolah dengan cara yang benar supaya tidak membahayakan si kecil. Pada dasarnya hati merupakan organ untuk menyaring racun sehingga jika tidak diolah dengan benar bisa berakibat fatal bagi kesehatan. Langkah pertama untuk mengolah hati ayam yaitu dengan mencuci sampai bersih, kemudian direbus sampai benar-benar matang. Setelah itu baru bisa diolah menjadi nasi tim yang bergizi untuk bayi. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517