Ruangan Yang Berbahaya Bagi Keselamatan Balita di Rumah

Rumah merupakan tempat tinggal atau tempat berlindung bagi kita dari teriknya matahari maupun hujan dan bahaya lainnya. Rumah hendaknya dibangun dengan memenuhi standar yang bisa memberi rasa aman bagi penghuninya. Banyak aktivitas yang terjadi di dalam rumah, salah satunya yaitu aktivitas mengasuh dan membesarkan buah hati Anda.

Keselamatan Anak di Rumah

Ruangan-ruangan di dalam rumah bisa menjadi arena bermain dan bereksplorasi bagi si kecil. Seperti yang kita ketahui bahwa pada usia balita, anak memiliki pergerakan yang aktif sehingga mempunyai kebiasaan berlari kesana kemari. Hal ini merupakan salah satu bentuk rasa ingin tahu si kecil sebagai seorang penjelajah pada usianya tersebut. Maka dari itu, rumah yang Anda tempati hendaknya memiliki ruangan-ruangan yang aman dan tidak membahayakan si kecil. Anda harus mengawasi si kecil dari hal-hal yang membahayakan keselamatannya di dalam rumah. Penting bagi Anda sebagai orangtua untuk mengetahui daerah-daerah berbahaya di dalam rumah supaya bisa menjaga si kecil dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut Beberapa Area atau Ruangan Yang Berbahaya di Rumah Bagi Balita

  1. Ruang tengah

Salah satu tempat yang berbahaya bagi si kecil yaitu ruang tengah. Hal ini karena pada ruangan tersebut terdapat berbagai peralatan atau barang-barang yang bisa membahyakan si kecil. Apa saja peralatan yang berbahaya bagi si kecil? Berikut beberapa peralatan yang berbahaya bagi si kecil di ruang tengah.

  • Alat elektronik

Alat elektronik adalah salah satu benda yang berbahaya bagi si kecil. Salah satu peralatan elektronik yang berbahay bagi si kecil yang terdapat di ruang tengah yaitu televisi ataupun DVD dan VCD player. Seperti yang kita ketahui kalau DVD atau VCD memiliki slot kaset yang bisa secara otomatis membuka dan menutup apabila tombolnya ditekan. Hal ini tentunya bisa menyebabkan tangan si kecil terjepit apabila menyentuh bagian slot tersebut ketika terbuka. Maka dari itu, Anda harus menyimpan peralatan seperti itu di tempat yang tidak terjangkau oleh anak.

  • Lemari buku dan televisi

Pada usia balita, rasa ingin tahu anak sangat tinggi sehingga mereka cenderung penasaran ketika melihat barang-barang yang terpampang di lemari. Apabila tidak di awasi si kecil akan berusaha memanjat dan meraih sesuatu yang ada diatas lemari tersebut. Hal ini tentunya berbahaya karena bisa menyebabkan si kecil jatuh ataupun tertimpa barang-barang yang ada di lemari tersebut. Oleh karena itu Anda harus senantiasa mengawasi si kecil ketika bermain di ruangan tersebut.

  • Perangkat kelistrikan

Jauhkan segala hal yang dialiri oleh listrik seperti terminal stop kontak, saklar, kabel listrik dan segala hal yang dialiri listrik. Perangkat yang dialiri oleh listrik tentunya bisa membahayakan si kecil apabila disentuh.

Baca juga : 4 Kegiatan Yang Bermanfaat Bagi Balita Hiperaktif

  1. Dapur

Lokasi selanjutnya yang berbahaya bagi si kecil yaitu dapur. Ruangan yang satu ini biasanya dipenuhi dengan peralatan yang berbahaya bagi si kecil. Berikut daftar peralatan yang bisa membahyakan si kecil saat bermaun di ruangan ini.

  • Peralatan dapur

Awasi anak Anda ketika memasuki dapur, jauhkan mereka dari peralatan dapur seperti kompor, pisau, microwave dan peralatan dapur lainnya. Peralatan dapur berbahaya bagi si kecil, terutama peralatan yang bisa melukai si kecil.

  • Peralatan untuk mencuci piring

Peralatan untuk mencuci piring sebaiknya di jauhkan dari jangkauan si kecil. Kandunagn bahan kimia yang terdapat pada sabun bisa membahayakan si kecil apabila tertelan. Biasanya si kecil penasaran dan menyentuh barang-barang yang dianggapnya menarik sehingga dikhawatirkan menyentuh sabun dan tertelan ketika tangannya menyentuh mulut.

  • Perlatan yang mudah pecah

Jauhkan si kecil dari barang-barang yang mudah pecah seperti piring ataupun gelas karena benda tersebut bisa saja melukai si kecil.

  1. Ruangan lain

Selain ruangan-ruangan yang disebutkan diatas, ada beberapa ruangan lain yang harus Anda waspadai karena bisa membahayakan si kecil ketika bermain di temapt tersebut.

  • Toilet

Jangan membiarkan si kecil masuk toilet. Hal ini bisa membahayakan dan membuat si kecil terjatuh karena lantai yang licin. Usahakan untuk selalu mengunci kamar mandi di rumah Anda.

  • Gudang

Apabila Anda memiliki ruangan khusus untuk menyimpan barang bekas atau gudang maka sebaiknya tempat tersebut ditutup rapat dan di kunci. Si kecil bisa saja masuk ke tempat tersebut ketika Anda lengah apabila ruangan tersebut tidak di kunci.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517