Ruam Popok Pada Bayi dan Cara Menanganinya

Ruam popok merupakan peradangan atau iritasi pada bagian kulit bayi yang tertutup oleh popok. Area yang rentan terkena ruam popok yaitu pada bagian selangkangan, pantat, pangkal paha dan alat kelamin. Gejala ruam popok biasanya sering dialami oleh bayi yang baru lahir. Hal ini karena bayi yang baru lahir memiliki struktur kulit yang tipis dan rentan terhadap iritasi.

Pada zaman sekarang, popok bayi pada umumnya berbentuk celana sehingga lebih praktis untuk digunakan. Namun tidak jarang popok celana tersebut mengakibatkan iritasi akibat bagian pinggirnya terlalu ketat. Gejala ruam popok yang paling umum dialami oleh bayi yaitu berupa lecet ringan berwarna kemerahan dan disertai gatal. Kondisi tersebut tentunya membuat si kecil merasa tidak nyaman sehingga menjadi rewel.

Penyebab lain ruam popok pada bayi yaitu kondisi popok dalam keadaan kotor akibat buang air kecil atau buang air besar. Kulit bayi yang terkena kotoran tersebut jika dibiarkan dalam waktu yang cukup lama dan tidak segera dibersihkan maka akan menjadi sarang bakteri penyebab iritasi pada kulit. Disamping itu, penggunaan popok celana dalam waktu lama juga menjadi penyebab utama iritasi pada kulit bayi.

Cara Menangani dan Mencegah Ruam Popok

Untuk mencegah ruam popok pada bayi, berikut langkah-langkah cara pencegahan yang bisa Bunda lakukan:

  1. Biasakan untuk menjaga kebersihan popok secara rutin dan segera ganti jika kondisi popok sudah kotor.
  2. Pilihlah jenis popok yang memiliki daya serap tinggi dan berbahan dasar kain yang lembut.
  3. Bersihkan dan keringkan pantat bayi sebelum dikenakan popok yang baru. Gunakan air hangat untuk membersihkan bagian pantat dan area yang tertutup popok.
  4. Jika dirumah sebaiknya si kecil tidak perlu mengenakan popok. Alangkah lebih baiknya jika popok hanya digunakan ketika bepergian keluar saja. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya ruam popok.
  5. Gunakan bedak khusus bayi yang lembut ketika mengganti popok. Hal ini untuk mencegah supaya kulit si kecil tidak lembab.
  6. Jika si kecil sudah terlanjur terkena ruam popok maka oleskan krim khusus bayi untuk mengobati ruam tersebut.

Jika dalam waktu 3 hari ruam popok tidak kunjung membaik dan kondisinya semakin parah, maka segera berkonsultasi dengan dokter. Hal ini untuk mencegah kondisi yang lebih parah seperti ruam yang disertai dengan demam atau munculnya bintik merah disertai nanah. Ruam popok tidak boleh dibiarkan begitu saja dan jangan dianggap sepele karena akan mengganggu kenyamanan si kecil.

Dalam membersihkan kuli t bayi sebaiknya Anda menggunakan kapas lembut yang dibasahi oleh air matang. Jangan menggunakan alkohol karena bisa memperparah iritasi. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517