Ruam Popok Pada Bayi

Merawat kulit bayi harus dilakukan dengan hati-hati dan dengan cara yang benar karena kulit bayi berbeda dengan kulit orang dewasa. Kulit bayi masih tipis dan sangat sensitif sehingga mudah terjadi iritasi. Kulit bayi sangat peka dan mudah terkena gangguan kulit. Salah satu gangguan kulit yang biasa terjadi pada bayi yaitu ruam kulit atau yang biasa lebih dikenal dengan sebutan ruam popok.

Ruam popok merupakan peradangan atau infeksi kulit pada bayi di area yang tertutup popok seperti pada alat kelamin, pangkal paha dan pantat. Ruam popok biasanya ditandai dengan bercak kemerahan dan lecet disertai rasa gatal sehingga bayi menjadi rewel. Setiap anak yang memakai popok sangat berpotensi terkena ruam popok karena pemakaian popok akan menyebabkan kulit menjadi lembab. Meskipun ruam popok bukan suatu kelainan yang bisa mematikan, akan tetapi apabila tidak segera ditangani dengan benar dan tepat maka akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Ruam popok pada bayi

Perawatan dan Pencegahan Ruam Popok Pada Bayi

Penyebab utama dari ruam popok adalah kulit bayi yang lembab akibat tertutup oleh popok atau diakibatkan oleh adanya kontak yang terlalu lama antara kulit dengan zat amonia dari air kencing dan feses bayi. Akibat penggunaan popok yang terlalu ketat  sehingga terjadi gesekan yang menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Ruam popok umumnya terjadi pada bayi yang berusia di bawah 15 bulan karena pada usia ini kulit bayi masih sangat tipis serta rentan terjadinya iritasi.

Beberapa langkah dalam perawatan dan penanganan ruam popok pada bayi yaitu sebagai berikut :
  • Mengganti popok bayi dengan teratur atau sering karena popok yang terlalu lama dipakai dan sudah banyak menampung air kencing serta kotoran akan menyebabkan kelembaban.
  • Bersihkan atau bilas alat kelamin dan pantat bayi ketika mengganti popok serta harus di pastikan benar-benar kering ketika memakaikan popok kembali.
  • Gunakan handuk yang bersih dan lembut untuk mengeringkan kulit bayi.
  • Hindari penggunaan popok yang terlalu ketat supaya membuat bayi nyaman dan kulit bayi dapat bernapas.
  • Jangan selalu menggunakan popok, sesekali biarkan kulit bayi tidak memakai popok supaya dapat bernapas dan tidak lembab.
  • Ketika bayi sudah terkena ruam popok maka gunakanlah obat yang sesuai anjuran dokter.
  • Hindari menggunakan bedak tabur pada area yang terkena ruam popok karena akan memperparah.
  • Pada waktu mencuci pakaian bayi pastikan sudah benar-benar bersih dari detergen.

Kebiasaan mengganti popok dengan teratur akan menghindarkan bayi dari ruam popok. Selain itu, untuk menghindari terjadinya ruam popok sebaiknya hindari penggunaan tisu basah yang mengandung alkohol karena itu sangat berpotensi sekali menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Penggunaan kapas akan lebih baik daripada tisu yang beralkohol. Anda bisa menggunakan kapas yang dibasahi dengan air matang dalam mengelap bayi.

Mencegah Ruam Popok Pada Bayi

Selektif dalam memilih popok. Saat ini banyak produk popok yang dijual dipasaran. Sebelum anda membeli popok dalam jumlah yang banyak pastikan dulu apakah popok yang akan anda beli cocok atau tidak dengan kulit bayi. Usahakan supaya tidak senbarangan membeli popok karena itu akan memicu terjadinya ruam popok pada bayi.

Sering mengganti popok bayi. Biasakan supaya tidak menunda-nunda mengganti popok bayi karena jika popok bayi yang sudah kotor dibiarkan masih terpakai akan menyebabkan kulit bayi lembab dan timbul ruam popok.

Membersihkan kulit bayi dengan air mengalir. Ketika membersihkan area kulit bayi usahakan menggunakan air mengalir supaya membuat kulit bayi menjadi segar dan terhindar dari masalah ruam popok.

Hindari penggunaan tisu basah dan bedak. Kebanyakan orangtua memakaikan bedak di area lipatan kulit bayi, hal ini sangat tidak dianjurkan karena akan menimbulkan iritasi ketika tertutup oleh popok atau pakaian bayi. Selain itu, usahakan supaya tidak menggunakan tisu basah ketika mengelap area yang tertutup popok karena kandungan alkohol pada tisu basah akan memicu ruam popok.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517