Resiko Kematian Bayi Kembar Di Tahun Pertamanya Lebih Besar

Hai Bunda! Pastinya Anda akan merasa senang, jika Anda mengetahui kalau sebentar lagi Anda akan mendapatkan bayi kembar yang lucu juga menggemaskan. Bahkan ketika Anda mengetahui hal tersebut, Anda akan lebih antusias untuk mempersiapkan segala bentuk persiapannya.

Akan tetapi, ketika Anda mendapatkan kehamilan kembar, maka Anda juga akan mendapatkan resiko kematian lima kali lebih besar jika dibandingkan dengan bayi yang lahir secara tunggal pada tahun pertama mereka lahir, apalagi pada kelahiran bayi kembar siam.

Mengapa seperti itu? Karena resiko kematian bayi kembar disebabkan oleh rendahnya berat badan si kecil yang di lahirkan secara bersamaan hanya beda selisih waktu. Bahkan kematian ini juga akan jauh lebih berisiko ketika si ibu tidak dapat memenuhi kebutuhan atau asupan gizi bayi kembar ketika masih berada di dalam kandungan, sehingga gizi yang masuk hanya di ambil sebagian oleh bayi dan sebagian lagi di ambil oleh bayi yang satunya, sehingga asupan gizinya tidak terpenuhi dengan baik.

Telah tercatat di Inggris pada tahun 2009 telah mengungkapkan, bahwa dari sebanyak 706,248 kelahiran, ada diantaranya sebanyak 3.180 bayi yang mengalami kematian sebelum mereka mencapai usia 1 tahun . Itu artinya, bahwa ada rata-rata 4,5 kematian per 1.000 kelahiran setiap tahunnya.

Bahkan, tingkat kematian dari kelahiran bayi kembar lima kali jumlahnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelahiran bayi tunggal. Dan jumlah tersebut masing-masing dengan laju 20,4 kematian per 1.000 kelahiran bayi kembar, dan 4,0 kematian per 1.000 kelahiran. Dan jumlah ini di khawatirkan akan semakin meningkat tiap tahunnya.

Bahkan kasus ini merupakan salah satu program yang di lakukan dari IVF. Dan rata-rata, satu dari lima kehamilan dengan program kembar IVF yaitu dua atau bahkan tiga, dibandingan dengan satu dari 80 bayi yang di kandungan secara alami.

Bukan hanya itu, kehamilan multiple juga kerap kali menambatkan ibu hamil dalam komplikasi, termasuk resiko keguguran, lahirnya bayi premature, berat bayi yang rendah, cerebral palsy sampai risiko kematian pada bayi.

Penting untuk Anda ketahui, bahwa menjaga kesehatan merupakan salah stau hal yang sangat penting untuk kesehatan ibu hamil, apalagi jika kehamilan yang Anda hadapi merupakan kehamilan bayi kembar. Bahkan asupan gizi ibu hamil kembar juga sangat memberikan pengaruh terhadap perkembangan juga pertumbuhan bayi kembar. Maka dari itu, ketika Anda menjalankan masa kehamilan, Anda sangat dianjurkan untuk bisa memenuhi gizi juga nutrisi si kecil, apalagi jika keaadaan bayi dalam kandungan kembar.

Nah, itulah pembahasan kami mengenai resiko terjadinya kematian pada kehamilan kembar di tahun pertama bayi kembar tersebut lahir. Semoga dengan adanya pembahasan kami kali ini bisa sangat membantu Anda dalam menambah informasi terkait bayi kembar. Mendapatkan kehamilan kembar memang sangat membahagiakan, namun di samping itu Anda juga harus memberikan perhatian ekstra untuk kehamilan Anda ini.

Related Posts

Share This