Resiko Kanker Payudara Meningkat Karena Kosmetik, Benarkah?

Apakah Anda tahu, kalau sejumlah produk kecantikan yang memang kerap kali Anda gunakan dalam keseharian bisa meningkatkan resiko terhadap kanker payudara? Dan ternyata, pernyataan tersebut juga di kuatkan oleh sebuah study yang telah di lakukan oleh University of California, Berkeley, yang berada di Negara Amerika Serikat.

Kami kutip dari health.detik pada hari Sabtu (31/10/2015), berdasarkan hasil dari penelitian yang telah di lakukan tersebut menyebutkan, bahwa penyebab utama dari persoalan tersebut yaitu adanya kandungan pengwet yang banyak di gunakan dalam beberapa produk kosmetik yang memang banyak di gunakan oleh kaum wanita, yaitu paraben. Dan pernyataan ini juga di peroleh dari hasil pengujian yang memang di lakukan terhadap beberapa sel yang menyebabkan kanker payudara terhadap manusia yang mana telah dikulturkan dalam cawan petri.

“Meskipun begitu, paraben diketahui meniru efek pertumbuhan estrogren pada pertumbuhan sel payudara, tetapi masih perlu penelitian lagi jika paraben merupakan efek dari kanker payudara tersebut,” ungkap Dr Dale Leitman, seorang ketua penelitian yang merangkap sebagai seorang profesor di bidang ilmu nutrisi dan toksikologi di University of California, Berkeley.

Bahkan, para peneliti juga menemukan adanya paraben yang akan bereaksi dengan sangat aktif ketika paraben tersebut bertemu dengan sejumlah komponen lainnya, yakni heregulin. Dan kandungan senyawa katalis tersebut mampu membuat pertumbuhan sejumlah sel yang dapat menyebabkan kanker lebih cepat berkembang dari sebelumnya.

“Dengan kata lain, hadirnya heregulin membuat paraben jauh lebih berbahaya. Hal itu membuat sel kanker tumbuh 100 kali lebih cepat,” jelas Leitman.

Namun, sampai saat ini penelitian lanjutan juga masih di butuhkan guna mengkonfirmasi adanya pengaruh terhadap paraben yang memang berlangsung lebih lanjut. Akan tetapi, Leitman juga menjelaskan, bahwa study yang telah di lakukan tersebut seharusnya sudah bisa di jadikan sebagai peringatan terhadap kaum wanita, bahwa ternyata penggunaan kosmetik dengan kandungan tertentu bisa meningkatkan resiko kanker payudara yang mana sampai saat ini masih menjadi momok yang menakutkan, terutama bagi kaum wanita.

Paraben sendiri adalah salah satu jenis bahan pengawet bersifat kimia yang memang banyak di temukan pada sejumlah produk kosmetik juga perawatan tubuh lainnya, seperti pelembab kulit, shampo, bahkan di dalam tabir surya juga terkandung bahan kimia tersebut.

Dan temuan yang telah di lakukan ini juga bisa menghasilkan sebuah pertanyaan, terkait cara uji coba yang memang masih erat kaitannya dengan keamaan yang saat ini mungkin saja tidak mampu memprediksi adanya potensi yang sebenarnya dari paraben tersebut, serta dampaknya terhadap kesehatan tubuh manusia.

Maka dari itu, kaum wanita dianjurkan untuk lebih berhati-hati lagi dalam memilih produk kosmetik atau bahkan produk-produk perawatan tubuh lainnya untuk merawat diri Anda, karena faktanya ada beberapa jenis produk kosmetik yang jelas bisa memicu munculnya sel-sel kanker, terutama kanker payudara, bahkan resikonya jauh lebih besar.

Related Posts

Share This