Resiko Kanker Meningkat Akibat Sering Begadang

Begadang merupakan suatu istilah bagi Anda yang memiliki kebiasaan sering menunda-nunda waktu istirahat pada malam hari. Kebiasaan ini bahkan membuat Anda harus terjaga sepanjang malam. Alasan untuk begadang pun sangat beragam seperti tuntutan kerja atau hanya sekedar menghabiskan malam dengan bermain musik, game dan berkumpul bersama teman-teman. Banyak dampak negatif yang ditimbulkan akibat sering bagadang, salah satunya yaitu lemas dan tidak bersemangat di esok hari.

Diantara efek samping janka pendek, ternyata kebiasaan begadang juga memiliki dampak buruk jangka panjang yang tidak kita sadari. Jika dilakukan secara terus menerus dan terlalu sering maka hal ini bisa memicu gangguan kesehatan yang lebih serius. Diungkapkan oleh pakar kesehatan bahwa kebiasaan sering begadang bisa meningkatkan resiko kanker.

Menurut sebuah riset yang dilakukan di Negri sakura Jepang, menemukan bahwa wanita yang memiliki kebiasaan begadang dan memiliki waktu istirahat kurang dari 6 atau 8 jam setiap malam bisa meningkatkan resiko terkena penyakit kanker payudara. Orang yang memiliki kebiasaan tidur kurang dari 6 jam lebih rentan terkena kanker usus besar yaitu persentasenya sekitar 47%.

Nah, selain penyakit kanker yang sangat berbahaya, ternyata kebiasaan begadang juga bisa menyebabkan penyakit berbahaya lainnya, yaitu sebagai berikut:

Diabetes

Kebiasaan begadang setiap malam tidak hanya menimbulkan efek jangka pendek, namun kebiasaan ini juga bisa memicu timbulnya diabetes. Mengapa bisa demikian? Hal ini karena pada waktu begadang tanpa kita sadari banyak mengkonsumsi makanan yang tidak sehat sebagai ;penahan kantuk seperti kopi ataupun cemilan lainnya yang memiliki kadar gula tinggi.

Penyakit Jantung

Pola tidur yang tidak sehat bisa menjadi salah satu pemicu penyakit silent killer atau penyakit jantung. Orang yang memiliki kebiasaan otidur kurang dari 7 jam setiap malam sangat beresiko terkena penyakit jantung. Hal ini terjadi karena aliran dan tekanan darah menjadi tidak stabil sehingga memlicu jantung untuk bekerja lebih ekstra. Lama kelamaan hal ini memicu kerusakan dan menurunkan kinerja jantung.

Menurunkan Imunitas Tubuh

Tidur merupakan salah satu proses regenerasi sel. Jika Anda tidak mendapatkan waktu istirahat tidur dengan cukup pada malam hari maka hal ini akan berdampak buruk terhadap penurunan imunitas tubuh. Kondisi ini tentunya akan membuat Anda lebih mudah terserang oleh penyakit yang bersifat ringan ataupun berat.

Obesitas

Kebiasaan begadang juga ternyata bisa membuat berat badan meningkat tak terkontrol. Begadang akan membuat nafsu makan tak terkontrol akibat kondisi tubuh yang cepat lemas dan membutuhkan lebih banyak asupan makanan. Hormone tubuh akan meningkat secara signifikan yang berujung terhadap pola makan otak terkendali.

Demikian dampak buruk negatif begadang yang bisa menyebabkan penyakit kanker dan beberapa penyakit berbahaya lainnya. Maka dari itu, hindari kebiasaan ini supaya kondisi kesehatan Anda tidak mengalami gangguan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517