Resiko Bayi Tidur Tengkurap yang Wajib Bunda Ketahui

Biasanya, ketika bayi tidur tengkurap mereka akan tertidur dengan nyangat lelap juga terlihat sangat nyaman, hal ini dikarenakan si kecil merasa kalau dirinya sedang dalam keadaan di dekap. Akan tetapi, ternyata tidur dengan posisi tengkurap juga diduga sebagai salah satu penyebab terjadinya SIDS (Sudden Infant Death Syndrome), yakni kematian secara mendadak yang terjadi pada bayi yang masih berusia di bawah 1 tahun.

Namun Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi seperti ini, karena kabar baiknya, kondisi ini atau SIDS sendiri sangat jarang terjadi di Negara Asia, terutama Indonesia. Dan biasanya, bayi-bayi yang terserang SIDS ini merupakan bayi laki-laki yang masih berusia di bawah 1 tahun. Dan ketika para ahli menganjurkan agar si kecil tidak di posisikan dengan tidur tengkurap, maka jumlah dari kasus SIDS ini menjadi menurun sampai 30%.

Kita memang sering berhasil membuat si kecil tertidur dengan posisi terlentang. Bahkan ketika kita memperbaiki posisi tidur si kecil, ia akan kembali ke posisi semulanya yang di rasa membuatnya nyaman, yaitu posisi tidur dengan tengkurap.

Dengan kondisi ini, Anda jangan terburu-buru untuk merasa khawatir atau bahkan panic, karena masih ada langkah cerdik untuk mengatasi kondisi ini. Dan cara yang bisa Anda lakukan guna menghindari SIDS tanpa harus mengganggu posisi tidur si kecil yaitu dengan tidak meletakkan selimut tebal, bantal, mainan, boneka atau bahkan benda-benda yang ada di sekitarnya di atas tubuh si kecil atau bahkan di simpan di sekitarannya. Karena benda-benda tersebut hanya bisa menutupi lubang hidung juga mulut buah hati Anda yang memang bisa mengganggu pernapasannya.

Daripada Anda terus-menerus merasa khawatir dengan resiko SIDS ketika si kecil tertidur dengan posisi tengkurap, mengapa Anda tidak membiasakannya untuk tidur dengan posisi terlentang sejak ia bayi. Toh, bayi yang baru lahir juga akan jauh lebih nyaman dengan posisi tidur dalam keadaan di bedong, ketika itu mereka akan merasakan kenyamanan yang jauh lebih baik tanpa harus mereka mengambil posisi tidur dengan tengkurap.

Baca Juga:  Tahapan Ideal Pemberian Makanan Untuk Bayi

Memang benar, ada beberapa diantaranya bayi yang ketika menginjak usia 6 bulan, mereka akan tidur dengan posisi tengkurap. Dan ketika si kecil tidur dengan posisi tersebut, sebaiknya Anda tidak perlu mengubah posisinya, dan hanya menyelimuti si kecil dengan selimut yang tipis sebatas dadanya, kemudian selipkan kedua sisi selimut tersebut ke bagian kiri dan kanan ranjang si kecil, sehingga posisi bayi akan terkunci.

Dan salah stau cara untuk mencegah resiko SIDS yaitu, menyusui si kecil setiap 2-3 jam tanpa harus mengenal siang atau bahkan malam hari. Anda dianjurkan untuk melakukan hal ini minimal sampai si kecil berusia 6 bulan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517