Resep Tradisional Untuk Mengatasi Panas Dalam Saat Hamil

Panas dalam saat hamil tentunya sangat mengganggu kenyamanan ibu hamil. Kondisi tersebut terasa sangat menyiksa sehingga nafsu makan menurun. Secara umum panas dalam merupakan sensasi seperti terbakan paa bagian atas perut, dada dan tenggorokan. Dampaknya yaitu mata merah, meriang, lidah terasa pahit, sariawan dan bibir pecah-pecah.

Panas dalam bisa diatasi dengan mengkonsumsi obat-obatan khusus. Namun hal ini tidak dianjurkan bagi ibu hamil karena bisa membahayakan kehamilan. Obat untuk ibu hamil lebih disarankan yang berifat alamiah dan tradisional. Jenis tersebut tergolong lebih aman dan tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Obat untuk panas dalam yang bersifat alami dan tradisional tentunya sangat banyak. Hanya saja sebagian besar ibu hamil tidak mengetahui hal tersebut. Berikut resep tradisional yang bisa Anda gunakan dalam mengatasi panas dalam sewaktu hamil!

  1. Jus labu kuning dan pepaya

Obat tradisional untuk mengatasi panas dalam pada ibu hamil yaitu jus labu dan pepaya. Ramuan tradisional ini dinilai sangat efektif untuk meredakan panas dalam. Untuk membuatnya sangatlah mudah yaitu dengan menghaluskan 100 gram labu dan 60 gram buah pepaya menggunakan blender. Tambahkan gula sedikit dan minum jus tersebut secara rutin.

  1. Kacang hijau dan jahe

Resep tradisional yang satu ini dibuat dengan cara merebus 2 genggam kacang hijau dan 2 ruas jahe menggunakan 2 gelas air putih. Lalu tambahkan kgula merah secukupnya. Minumlah ramuan tersebut secara teratur, yaitu 2 kali dalam sehari.

  1. Madu dan air kelapa hijau

Ambir air kelapa hijau, kemudian campurkan dengan 3 sdm madu asli. Lalu minum pada waktu siang hari. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  1. Air tebu dan alang-alang

Rebus alang-alang dan air perasan tebu. Kemudian saring dan ambil airnya untuk diminum minimal 2 kali dalam sehari. Ramuan yang satu ini sangat efektif dalam mengatasi panas dalam.

  1. Rambut jagung dan jahe

Tahukah Anda bahwa rambut jangung ternyata sangat berkhasiat dalam mengatasi panas dalam pada waktu hamil. Membuat ramuan yang satu ini sangat mudah yaitu dengan merebus rambut jagung, jahe dan tambahkan sedikit gula. Aturan minumnya yaitu 1 kali sehari. Lakukan secara rutin untuk mempercepat penyembuhan.

Selain aman untuk kehamilan, ramuan tradisional ini tentunya tidak membutuhkan biaya yang terlalu besar. Namun,  alangkah lebih baiknya jika Anda meminta saran dari dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan obat tersebut.

Pada dasarnya panas dalam bisa dicegah dengan menghindari makanan pedas, asam dan makanan berminyak. Selain itu, penuhi kebutuhan cairan selama hamil dengan mengkonsumsi air putih minimal 2 liter setiap harinya.

Related Posts

Share This