Resep Tahu Makaroni Kukus Untuk Anak

Salah satu cara untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil yaitu dengan memberikan asupan makanan yang bergizi. Perlu Anda ketahui bahwa anak usia 1 tahun merupakan periode emas pertumbuhan dan sangat tepat untuk membentuk karakter serta kecerdasannya. Maka dari itu, Anda harus memberikan asupan makanan yang bergizi guna mendukung serta mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannya.

Tahu makaroni kukus bisa menjadi salah satu pilihan Anda untuk melengkapi kebutuhan gizi si kecil pada periode MPASI. Makanan yang satu ini bisa Anda sajikan sebagai makanan utama karena memiliki kandungan gizi cukup tinggi. Untuk cara pembuatannya, simak penjelasan berikut ini.

Bahan:

  • 100 gram makaroni yang sudah direbus
  • 250 gram tahu putih
  • 1 batang seledri dicacah halus
  • 4 sdm wortel parut
  • 30 gram keju parut
  • 2 kuning telur ayam

Cara membuat tahu makaroni kukus:

  1. Panaskan kukusan dan siapkan beberapa wadah tahan panas untuk mengukus.
  2. Haluskan makaroni dan tahu.
  3. Tambahkan keju, wortel dan kuning telur. Aduk hingga semua bahan tercampur.
  4. Masukkan ke dalam cetakan.
  5. Kukus selama kurang lebih 20 menit.
  6. Angkat, tiriskan dan sajikan.

Kandungan gizi tahu tidak perlu diragukan lagi, makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini mengandung semua asam amino esensial. Disamping itu, tahu sangat kaya akan kandungan mineral seperti zat besi, kalsium dan magnesium. Nutrisi tersebut berperan penting dalam mengoptimalkan pertumbuhan, menjaga kesehatan sistem saraf dan membantu perkembangan otak si kecil.

Tahu juga merupakan sumber vitamin D dan protein nabati terbaik yang dibutuhkan untuk menunjang proses tumbuh kembang. Selain itu, nutrisi tersebut berperan penting dalam membantu pembentukan tulang dan gigi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang.

Sedangkan kandungan gizi makaroni diantaranya yaitu kalsium, posfor dan karbohidrat kompleks. Manfaat dari nutrisi tersebut yaitu sebagai sumber energi untuk menunjang proses pertumbuhan dan membantu pembentukan tulang serta gigi si kecil. Makanan yang satu ini bisa dijadikan sebagai pengganti nasi karena terbuat dari gandum.

Related Posts

Share This