Resep ‘Nasi Merah’, Makanan Sehat Untuk Bayi 9 Bulan

Sebelum kita membahas resep nasi merah sebagai makanan sehat untuk bayi, kita bahas terlebih dahulu kandungan nutrisi yang ada di dalam resep yang akan kita buat ini. Dalam resep makanan sehat untuk bayi ini, kita memadukan beberapa jenis sayuran serta ikan, dan ikan yang akan kita gunakan di sini adalah ikan kakap.

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa sayuran merupakan jenis makanan sehat untuk bayi 9 bulan yang mana memiliki nilai gizi juga nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan si kecil. Di samping itu, ikan kakap juga sangat baik untuk di jadikan menu makan bayi 9 bulan, karena ikan kakap memiliki kandungan omega-3 yang mana bermanfaat untuk merangsang kecerdasan otak si kecil.

Nah, maka dari itu, Anda bisa membuat makanan bayi usia 9 bulan dengan bahan dasar sayuran yang dipadukan dengan ikan kakap, seperti resep yang akan kita berikan kali ini, yaitu membuat ‘nasi merah’ sebagai makanan sehat untuk bayi.

Perpaduan nasi, sayuran dnegan ikan kakap sendiri juga sangat baik untuk dijadikan makanan bayi. Dan Anda bisa mencoba untuk membuat nasi merah ini di rumah dengan cara yang sangat mudah dan tidak memakan waktu lama. Berikut ini beberapa bahan juga cara membuat nasi merah, yaitu sebagai berikut:

Bahan:

  • 5 cm kayumanis.
  • 100 cc Air.
  • 75 gram Bawang Bombay.
  • 1 siung Bawang Putih.
  • 100 gram Beras.
  • 2 butir Cengkih.
  • 150 gram Daging Ikan Kakap.
  • ½ sendok teh Garam.
  • ¼ sendok teh Gula Pasir.
  • 4 sendok makan Minyak Goreng.
  • 250 gram Paprika Merah.
  • 1 butir Pekak.
  • 100 gram Tomat Merah.

Cara membuat:

  1. Pertama-tama, Anda cuci bersih paprika merah beserta tomat yang telah disediakan, setelah itu parut.
  2. Setelah itu, cuci hingga bersih bagian daging kakap, dan cincang halus.
  3. Selanjutnya, Anda cincang hingga halus bawang bombay juga bawang putih.
  4. Jika semuanya telah Anda lakukan, Anda haluskan parutan paprika dan tomat bersama air dengan menggunakan blender. Sisihkan terlebih dahulu
  5. Setelah itu, panaskan 1 sendok makan minyak goreng kedalam wajan, di atas permukaan api yang sedang. Lalu masukkan ikan kakap, tumis dan aduk hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  6. Tuang kembali 3 sendok makan minyak goreng, tumis bawang bombay juga bawang putih yang telah di cincang halus, masak hingga melunak dan mengeluarkan aroma harum. Masukkan kayumanis, pekak juga cengkeh.
  7. Kemudian, masukkan beras kedalam rice cooker. Tambahkan tumisan bawang serta pasta paprika tomat yang tadi di haluskan. Tambahkan pula gula pasir dan garam secukupnya. Aduk hingga merata, tutup rice cooker dan tekan tombol masak.
  8. Setelah keadaan tombol kembali ke posisi semula, lanjutkan menanak nasi selama 3-5 menit, agar tekstur nasi menjadi kesat. Dan setelah itu, masukkan tumisan ikan aduk hingga merata. Buang kayumanis, pekak dan cengkeh. Sajikan selagi masih hangat.

Itu tadi resep dan cara membuat nasi merah yang bisa Anda buat dengan mudah di rumah. Anda juga bisa mengganti warna juga ikan yang di gunakan, jika Anda ingin membuat warna nasi menjadi hijau, maka Anda juga bisa menggunakan paprika hijau atau bahkan paprika kuning untuk membuat nasi kuning. Untuk ikan sendiri, Anda juga bisa menggunakan jenis ikan salmon. Selamat mencoba!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517