Resep Nasi Hainan Hati Ayam Untuk Anak Usia Balita

Menu makanan bayi usia 1 tahun keatas sudah bisa menggunakan campuran garam dan gula untuk menambah variasi rasa. Salah satu menu yang bisa Anda sajikan untuk si kecil yaitu nasi Hainan hati ayam. Selain rasanya yang lezat, nasi Hainan juga memiliki kandungan gizi yang penting untuk perkembangan si kecil.

Kandungan nutrisi hati ayam diantaranya yaitu folat, zat besi, vitamin B12 dan beberapa mineral penting. Nutrisi tersebut berguna untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil. Selain itu, air rebusan kaki ayam juga mengandung nutrisi yang disebut dengan asam amino. Perlu Anda ketahui bahwa asam amino berperan penting dalam meningkatkan hormon pertumbuhan.

Untuk membuat nasi Hainan hati ayam yang bergizi untuk si kecil, berikut bahan-bahan yang diperlukan dan cara membuatnya:

Bahan:

  • 30 gram nasi
  • Hati ayam kampung (dipotong-potong dan direbus)
  • Kaki ayam kampung (rebus jadi kaldu)
  • Bawang putih dihaluskan
  • Jahe dihaluskan
  • Margarin dan garam
  • ½ wortel

Cara membuat:

  1. Tumis jahe dan bawang putih hingga aromanya harum, lalu masukkan nasi sambil diaduk.
  2. Tambahkan garam, margarine dan lada.
  3. Masukkan kaldu ayam, kemudian masak hingga kaldu habis.
  4. Kukus wortel hingga matang. Taburi nasi dengan potongan wortel dan sajikan.

Itulah resep dan cara membuat nasi hainan hati ayam untuk si kecil, sangat mudah bukan? Anda bisa mencobanya di rumah dalam membuat makanan bergizi untuk si kecil. Nasi hainan bisa Anda variasikan dengan beragam jenis sayuran supaya lebih menarik dan meningkatkan nafsu makan si kecil.

Dalam memilih hati ayam Anda harus lebih cermat. Pilihlah hati ayam yang masih utuh, warnanya rata yaitu merah segar dan permukaannya halus. Jangan memilih hati ayam dengan warna yang tidak merata atau terdapat warna kehitaman. Cuci bersih dan rebus sebelum ditambahkan kedalam makanan si kecil. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir racun atau zat berbahaya. Seperti yang kita ketahui bahwa hati adalah organ untuk menyaring dan menetralisir racun.

Related Posts

Share This