Resep Mudah Jus Jambu dan Jeruk Untuk Bayi

Setelah menginjak usia 6 bulan, si kecil perlu diperkenalkan dengan makanan selain ASI yaitu bubur susu atau jus buah supaya kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Perlu Anda ketahui bahwa jus buah dan sayur bisa memberikan asupan vitamin serta mineral penting untuk menunjang perkembangan bayi. Selain itu, buah segar memang merupakan pilihan terbaik karena selain memiliki kandungan vitamin, buah-buahan juga mengandung antioksidan.

Dalam membuat jus buah untuk bayi sebaiknya Anda tidak menambahkan gula atau pemanis. Kandungan vitamin dan mineral yang diperoleh lebih banyak jika jus buah dikonsumsi tanpa tambahan gula. Selain itu, sajikan jus buah secara teratur dan sebagai selingan saja, jangan memberikan jus buah terlalu sering karena bisa mengakibatkan gangguan pencernaan.

Resep dan cara membuat jus jambu dan jeruk

Bahan:

  • 1 buah air jeruk manis
  • 1 buah jambu biji merah
  • 150 ml air

Cara membuat jus jambu dan jeruk:

  1. Buang kulit dan biji jambu lalu dipotong-potong.
  2. Campurkan dengan air jeruk manis dan air matang.
  3. Blender hingga halus dan mengental.
  4. Tuangkan ke dalam gelas dan sajikan pada bayi.

Jambu biji memiliki kandungan serat cukup tinggi yang berguna untuk membantu memperlancar pencernaan si kecil. Jambu biji juga memiliki kandungan senyawa tanin yang berfungsi dalam memperlancar sirkulasi darah dan mencegah infeksi virus penyakit. Selain itu, senyawa flavonoid pada jambu biji berperan penting sebagai antiradang dan antivirus.

Kandungan vitamin C dan senyawa flavonoid pada jambu biji memiliki sifat antioksidan yang kuat untuk menghambat zat pemuicu kanker (nitrosamine). Likopen pada jambu biji juga berguna untuk menghambat terjadinya oksidasi lemak yang bisa memicu kanker.

Sedangkan buah jeruk merupakan sumber alami vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu penyerapan zat besi ke dalam tubuh. Vitamin C memiliki kemampuan untuk merangsang pembentukan sel darah putih sehingga mampu mencegah serangan virus penyakit. Selain itu, kandungan kalium dan potassium sangat berguna dalam menjaga keseimbangan tekanan darah.

Related Posts

Share This