Resep MPASI: Tim Kentang Paprika

Tim atau nasi tim merupakan salah satu menu MPASI untuk bayi usia 7 bulan keatas. Tim untuk bayi diberikan secara bertahap yaitu tim saring dan tim tanpa saring. Untuk nasi tim saring biasanya diberikan untuk bayi usia 7-8 bulan, sedangkan nasi tim tanpa saring diberikan untuk bayi usia 9 bulan keatas.

Dalam membuat tim atau nasi tim disarankan untuk menambahkan sayuran dan hindari penggunaan garam untuk bayi yang masih berusia dibawah 1 tahun. Hal ini karena organ dalam seperti ginjal dan hati pada bayi belum sepenuhnya berfungsi secara sempurna sehingga dikhawatirkan bisa mengakibatkan gangguan yang membahayakan kesehatannya.

Untuk bayi usia 9 bulan keatas, Anda bisa membuat variasi tim dengan mengkombinasikan beragam jenis sayuran seperti tim kentang dan paprika. Tahukah Anda bahwa paprika adalah salah satu jenis sayuran yang kaya akan kandungan vitamin C yang berguna untuk meningkatkan sistem imun si kecil. Berbicara mengenai menu MPASI yang satu ini, berikut ini resep dan cara membuatnya.

Bahan:

  • 25 gram paprika merah (potong dadu kecil)
  • 100 gram kentang (potong dadu kecil)
  • 1 kuning telur
  • 200 ml susu formula
  • 25 gram jagung manis (rebus sampai empuk)
  • 15 gram keju parut
  • 25 gram kacang polong beku (rendam di dalam air panas)

Cara membuat tim kentang paprika:

  1. Rebus kentang dan susu formula hingga empuk/lunak.
  2. Masukkan jagung manis, paprika, kacang polong, kuning telur dan keju parut. Kemudian aduk rata.
  3. Apabila kuning telur sudah matang, segera angkat dan siap untuk disajikan.

Paprika memiliki kandungan vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. Paprika merupakan salah satu sumber makanan yang sangat kaya akan kandungan karotenoid dan lutein yang berperan penting dalam menurunkan resiko degenerasi makula pada mata. Selain itu, paprika juga mengandung beragam mineral penting yang berguna untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung.

Untuk menghilangkan rasa pedas pada paprika, Anda bisa membersihkan bijinya terlebih dahulu kemudian rendam beberapa saat menggunakan air hangat. Semoga informasi mengenai resep dan cara membuat tim kentang paprika yang penulis sajikan bermanfaat bagi Anda untuk membuat MPASI yang bergizi untuk menunjang tumbuh kembang si kecil.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517