Resep MPASI: Nasi Tim Udang

Nasi tim merupakan salah satu jenis olahan makanan pendamping ASI (MPASI). Nasi tim sudah mulai bisa diperkenalkan pada bayi usia 9 bulan keatas. Makanan padat pendamping ASI yang satu ini sangat cocok untuk bayi dalam belajar mengunyah dan menelan makanan. Selain itu, kandungan gizi nasi tim dinilai sangat tepat untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Terkadang banyak orangtua yang merasa kebingungan dan bahkan kesulitan untuk membuat nasi tim. Kondisi seperti ini kebanyakan dialami oleh orangtua baru dan belum mempunyai pengalaman dalam hal membuat makanan untuk bayi. Namun, Anda tidak perlu khawatir, pada kesempatan ini penulis akan berbagi informasi dan pengetahuan mengenai resep dan cara membuat nasi tim udang untuk MPASI si kecil.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat nasi tim untuk bayi, salah satunya yaitu kebersihan alat bahan dan kualitas dari bahan-bahan yang digunakan. Untuk bahan-bahan dan cara membuat nasi tim udang yaitu sebagai berikut:

Bahan yang diperlukan:

  • 50 gram udang yang sudah dibersihkan dari kulitnya, cincang halus
  • 20 gram beras
  • 20 gram buncis, diiris halus
  • 300 ml kaldu ayam atau daging
  • 20 gram tomat, potong dadu
  • 20 gram wortel diparut
  • Garam secukupnya (khusus bayi 1 tahun keatas)

Cara membuat nasi tim udang:

  1. Beras dicuci bersih.
  2. Masukkan beras, udang, wortel, buncis dan garam ke dalam panci yang berisi air kaldu ayam.
  3. Masak selama 15 menit hingga empuk dan lunak.
  4. Angkat, tuangkan ke dalam mangkuk dan sajikan selagi hangat pada bayi.

Sangat sederhana dan mudah sekali bukan? Membuat makanan sendiri untuk si kecil tentunya memiliki banyak keuntungan, salah satunya yaitu lebih terjamin dari segi kebersihan dan keamanannya. Selain itu, Anda juga bisa mengontrol asupan gizi dan nutrisi sesuai dengan tahap perkembangan si kecil.

Kandungan gizi nasi tim udang tidak perlu diragukan lagi. Udang memiliki kandungan protein lebih tinggi bila dibandingkan dengan daging sapi dan ayam. Disamping itu, udang juga mengandung vitamin, lemak tak jenuh ganda (PUFA) dan mineral penting untuk menunjang tumbuh kembang si kecil.

Related Posts

Share This