Resep MPASI: Nasi Tim Ikan Gindara

Nasi tim merupakan salah satu makanan pendamping ASI untuk bayi yang berusia 9 bulan keatas. Tekstur makanan yang satu ini sedikit lebih padat dan kasar sehingga sangat bagus untuk si kecil dalam belajar mengunyah. Selain itu, nasi tim tergolong ke dalam MPASI rumahan sehingga sangat sederhana dan mudah dibuat.

Nasi tim ikan gindara bisa menjadi salah satu pilihan yang patut Anda sajikan untuk si kecil. Perpaduan antara ikan dan sayuran sangat cocok untuk melengkapi gizi si kecil. Selain itu, nasi tim ini sangat cocok untuk belajar mengunyah dan mencerna makanan yang bertekstur lebih padat. Lalu bagaimanakah cara untuk membuat nasi tim ikan gindara? Berikut ini resep dan langkah-langkah untuk membuatnya.

Bahan:

  • 50 gram fillet ikan gindara (dicincang)
  • 4 sdm beras (cuci bersih)
  • 400 ml air
  • 2 sdm jagung manis pipilan
  • 1 sdt irisan daun bawang
  • ½ siung bawang putih (cincang)

Cara membuat nasi tim ikan gindara:

  1. Masak beras dengan air hingga matang dan lunak.
  2. Masukkan ikan gindara cincang, bawang putih, jagung manis dan irisan daun bawang. Lalu masak hingga semua bahan matang.
  3. Masukkan nasi ke dalam panci tim. Kemudian kukus atau tim kurang lebih selama 30 menit hingga tekstur beras benar-benar lunak.
  4. Angkat, tuangkan ke dalam piring saji dan sajikan.

Ikan gindara memiliki kandungan asam lemak ganda yaitu DHA yang bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan dan mengoptimalkan perkembangan otak serta kognitif anak. Kandungan omega-3 juga berguna untuk menjaga kesehatan mata dan meningkatkan sistem imun si kecil. Selain itu, ikan gindara juga mengandung protein yang berperan penting dalam meningkatkan masa otot dan daya tahan tubuh.

Sedangkan jagung manis mengandung asam folat, niasin, vitamin B1, vitamin B2, posfor, kalsium dan karoten. Manfaat kandungan zat gizi tersebut yaitu untuk menjaga kesehatan mata, membantu pembentukan tulang dan otot serta menjaga kesehatan sel saraf dan otot.

Related Posts

Share This