Resep Makanan Pendamping ASI Bayi 10 Bulan

Makanan yang paling utama bagi bayi adalah air susu ibu (ASI). Semua nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh bayi terkandung lengkap di dalam ASI. Pemberian ASI secara ekslusif selama 6 bulan sangat dianjurkan. ASI merupakan salah satu nutrisi alami bagi bayi yang tidak bisa digantikan oleh jenis makanan lain seperti susu formula. Akan tetapi ketika usia bayi sudah menginjak 6 bulan maka pemberian makanan padat sudah bisa dimulai. Pada usia tersebut bayi sudah bisa diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI. Hal ini bertujuan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi bayi pada masa pertumbuhannya. Pada kesempatan ini penulis akan mengulas tentang resep makanan pendamping ASI bayi 10 bulan.

Makanan pendamping asi bayi 10 bulan

Resep Makanan dan Nutrisi Tepat Untuk Bayi Usia 10 Bulan

Pada usia 10 bulan, bayi sudah memiliki kemampuan untuk mengunyah makanan. Selain itu, pada usia tersebut pergerakan bayi sudah sangat aktif sehingga bayi membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi. Berikut ini ada beberapa resep makanan bayi 10 bulan.

  • Nasi tim hati

Bahan untuk membuat nasi tim hati yaitu 50 gr labu kuning, 25 gr tempe, 600 ml air, 25 gr hati ayam, tomat, beras dan minyak. Cara membuatnya sangat mudah yaitu pertama-tama rebus air, beras, hati ayam sampai mengental. Setelah itu masukan labu kuning dan tomat kemudian aduk sampai matang. Tambahkan minyak dan aduk rata. Nasi tim yang sudah matang kemudian dihaluskan dengan menggunakan blender.

  • Bubur beras merah

Makanan pendamping ASI bayi 10 bulan yang selanjutnya yaitu bubur beras merah dengan campuran buah. Adapun bahan yang dibutuhkan yaitu 100 gr beras merah, 100 gr buah pepaya, kaldu ayam, 5 sdm susu formula dan air jeruk manis. Cara membuatnya yaitu beras merah dan kaldu ayam dimasak sampai matang, kemudian tambahkan susu formula. Setelah itu masukan buah pepaya dan air jeruk manis sambil diaduk rata sampai benar-benar tercampur. Bubur ini sebaiknya disajikan selagi hangat.

  • Tim kentang dan brokoli

Bahan untuk membuat makanan ini yaitu 100 gr tahu, air secukupnya, 25 gr brokoli, 200 gr kentang dan 40 gr daging. Untuk membuatnya sangat mudah sekali dan tidak memerlukan waktu yang lama. pertama-tama masukan kentang dan daging ayam kedalam air yang sudah panas kemudian rebus sampai matang. Setelah iyu masukan brokoli sampai benar-benar lunak. Aduk sampai rata dan tercampur lalu angkat untuk disajikan.

  • Cemilan sehat untu bayi 10 bulan

Selain memberikan makanan berat, Anda juga bisa menyajikan cemilan sehat untuk si kecil. Salah satunya yaitu cemilan agar dengan campuran sari buah. Bahan-bahan untuk membuat agar sari buah yaitu agar-agar tanpa rasa, air putih, jus mangga, gula putih dan perasan jeruk. Untuk membuatnya yaitu semua bahan dicampurkan ke dalam satu wadah kemudian masak sampai matang sambil diaduk. Setelah itu angkat dan masukan ke dalam cetakan.

Cemilan tersebut sangat bagus untuk bayi usia 10 bulan karena mengandung banyak nutrisi dari buah-buahan. Supaya bayi tidak merasa bosan, Anda bisa menyajikan cemilan tersebut dengan berbagai macam buah yang lebih bervariasi.

Itulah sebagian resep makanan pendamping ASI bayi 10 bulan, semoga bermanfaat dan menambah informasi bagi Anda dalam menyajikan makanan untuk bayi.

Related Posts

Share This