Resep Jus Wortel dan Jeruk Untuk Bayi 6-12 Bulan

Setelah berusia 6 bulan, bayi membutuhkan makanan pendamping ASI untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Makanan pendamping ASI untuk bayi harus memiliki kandungan gizi lengkap seperti vitamin, protein, mineral dan nutrisi penting lainnya. Salah satu sumber makanan yang dianjurkan untuk MPASI yaitu buah-buahan dan sayuran seperti wortel.

Wortel bisa diberikan pada bayi dengan cara diolah menjadi tambahan bubur atau jus. Mungkin terdengar sedikit asing, namun jus wortel sangat efektif untuk dijadikan sebagai minuman sehat untuk bayi. Supaya rasanya lebih bervariasi, jus wortel bisa dikombinasikan dengan tambahan air perasan jeruk manis.

Manfaat wortel yaitu untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit rabun senja. Hal ini karena wortel memiliki kandungan provitamin A yang sangat tinggi. Wortel juga mengandung magnesium dan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang. Kandungan zat besi pada wortel berguna untuk proses pembentukan hemoglobin. Selain itu, wortel juga mengandung vitamin C untuk meningkatkan sistem imun anak karena bersifat sebagai antioksidan.

Jeruk manis mengandung fitonutrien yaitu inisitiol dan flavonoid sebagai zat yang menenangkan otot dan saraf. Kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada buah jeruk berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil sehingga terhindar dari serangan penyakit. Selain itu, jeruk manis juga mengandung kalium yang berfungsi menjaga kesehatan jantung, tekanan darah dan menjaga kesehatan tulang si kecil.

Berbicara masalah jus wortel dan jeruk, berikut ini bahan-bahan yang diperlukan dan langkah-langkah mudah untuk membuatnya.

Bahan yang diperlukan:

  • 1 buah wortel
  • 2 buah jeruk manis
  • 100 ml air

Cara membuat jus wortel dan jeruk:

  • Kupas jeruk manis kemudian peras airnya.
  • Campurkan dengan wortel dan air matang.
  • Blender sampai halus dan lembut.
  • Tuangkan ke dalam gelas dan sajikan.

Nah, demikian penjelasan mengenai resep serta manfaat jus wortel dan jeruk manis untuk melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil. Perhatikan kebersihan dari setiap bahan makanan yang akan diberikan pada bayi. Biasakan untuk mencuci semua bahan yang akan digunakan sehingga meminimalisir kuman dan bakteri yang bisa membahayakan si kecil. Selamat mencoba!

Related Posts

Share This