Resep dan Menu MPASI Bayi 12 Bulan

Memasuki usia satu tahun si kecil, pastinya banyak perubahan dan tingkah laku yang menggemaskan sehingga membuat Anda terkesan. Menyaksikan setiap tahap perkembangan anak menjadi hal yang menyenangkan dan pengalaman berharga dalam menjalani peran sebagai orangtua. Dalam hal ini yang perlu Anda perhatikan adalah asupan nutrisi melalui menu MPASI yang bergizi.

MPASI 12 bulan hendaknya Anda sajikan dengan pilihan menu yang bervariasi. Hal ini bertujuan untuk mendukung kelangkapan nutrisi bagi tumbuh kembang si kecil. Semakin beragam jenis makanan yang Anda berikan maka semakin lengkap juga kandungan nutrisi yang dibutuhkan si kecil.

Tumbuh kembang si kecil dari usia 12 bulan hingga 2 tahun merupakan periode penting atau bisa dikatakan sebagai masa keemasan. Dalam hal ini yang menjadi perhatian penting adalah asupan nutrisi untuk mengoptimalkan perkembangan fungsi organ tubuh dan otak.

Pemberian nutrisi yang tepat juga dimaksudkan untuk meningkatkan sistem imun si kecil sehingga tidak akan mudah sakit. Pada usia 12 bulan, Anda bisa memberikan makanan dengan tambahan rasa. Hal ini karena pada periode tersebut sistem pencernaan si kecil sudah berkembang lebih baik untuk mencerna makanan.

Pemberian nutrisi yang seimbang menjadi salah satu hal yang sangat penting guna menunjang tumbuh kembang di setiap tahapnya. Variasikan menu makanan yang Anda sajikan untuk si kecil berupa kombinasi sayur-sayuran , buah-buahan dan sumber makanan lain seperti ikan, daging ataupun telur.

Selain mengatur menu yang seimbang, Anda juga perlu memperhatikan jadwal makan si kecil. Pola makan yang teratur juga akan berdampak terhadap perkembangan si kecil. Berikut ini jadwal pemberian MPASI untuk si kecil yang berusia 12 bulan.

Pagi 07.00 nasi tim

Pagi 10.00 cemilan

Siang 12.00 nasi tim

Siang 14.00 buah potong

Sore 17.00 nasi tim

Untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat pada usia ini bisa diperoleh dari nasi tim yang terbuat dari beras merah atau putih. Protein hewani dan nabati diperoleh dari susu, daging dan kacang-kacangan. Sedangkan untuk vitamin sebagai zat penting bagi si kecil bisa diperoleh dari buah-buahan dan sayuran.

Si kecil seringkali tidak menyukai sayuran sehingga dalam hal ini Anda dituntut untuk lebih kreatif dengan membuat menu yang lebih variatif dan menarik. Sayuran bisa Anda olah menjadi menu makanan yang lebih emnarik seperti cemilan dari sayuran.

Resep MPASI 12 Bulan Nasi Tim Telur Sayuran

Bahan:

  1. 50 gram sawi putih cincang
  2. 50 gram beras merah
  3. 1 butir telur
  4. 50 gram tahu dihancurkan
  5. 5 sdm susu cair
  6. 1 buah tomat dibersihkan bijinya
  7. 20 gram bayam merah yang disiris hingga halus
  8. 2 sdm daging sapi dicincang
  9. 3 sdt margarine
  10. 500 cc air

Cara membuat:

  • Masukan beras merah, bayam merah, sawi dan susu cair. Lalu tambahkan air untuk merebusnya.
  • Selanjutnya panaskan margarine, tahu, daging sapi dan telur hingga menjadi orak arik.
  • Kemudian haluskan tomat dengan blender dan tambahkan garam dan gula untuk citarasa yang lebih enak. Selanjutnya panaskan hingga mengental.
  • Tuangkan tim kedalam mangkuk dan siram dengan saus tomat yang telah dibuat. Sajikan segera selagi hangat untuk si kecil.

Nah, itulah salah satu alternatif resep menu MPASI untuk bayi 12 bulan. Pengaturan pola makan dan jenis makanan yang Anda berikan akan berdampak terhadap perkembangan si kecil. Hal tersebut perlu Anda perhatikan. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517