Resep dan Menu Makanan Untuk Bayi Umur 8 Bulan

Seiring dengan bertambahnya usia bayi maka pemberian makanan padat untuk bayi bisa lebih ditingkatkan dengan tekstur yang lebih kasar atau padat. Memberikan asupan makanan bergizi sesuai tahap perkembangan bayi merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi. Pemilihan makanan yang tepat akan berdampak positif bagi pertumbuhan bayi. Berikut ini kita akan mengulas dan memberikan informasi mengenai beberapa jenis makanan bayi 8 bulan.

Makanan bayi 8 bulan

Menu Makanan Untuk Bayi Usia 8 Bulan

Pada usia 8 bulan pemberian makanan padat bisa lebih di tingkatkan dengan makanan yang memiliki tekstur yang lebih kasar. Salah satu menu untuk bayi umur 8 bulan yaitu nasi tim tanpa saring dengan campuran berbagai macam sayuran. Beberapa jenis sayur seperti brokoli, wortel dan bayam bisa menjadi pilihan Anda dalam memberikan tambahan pada nasi tim.

  • Nasi tim saring dengan campuran ayam dan wortel

Menu untuk bayi umur 8 bulan yang pertama yaitu nasi tim saring wortel dan ayam. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat nasi tim ini yaitu 25 gr wortel, 20 gr beras, 625 cc air, 1 sdt mentega, 25 gr tempe, 25 gr daging ayam giling dan 25 gr tomat. Adapun cara membuatnya yaitu beras, tempe dan daging ayam giling direbus sampai menjadi bubur. Kemudian masukan wortel, tomat dan mentega sambil diaduk. Bubur tersebut dihaluskan dengan blender atau disaring kawat.

  • Nasi tim saring dengan campuran brokoli

Untuk membuat nasi tim ini diperlukan bahan-bahan seperti 25 gr brokoli, 29 gr beras, 25 gr tomat, 1 butir telur ayam kampung, 25 gr daging giling dan air. Cara membuatnya sangat mudah yaitu pertama-tama rebus beras dan daging giling dengan air sehingga menjadi bubur. Kemudian masukan brokoli dan tomat sampai matang. Setelah itu masukan kuning telur serta keju dan aduk sampai rata. Selanjutnya dihaluskan dengan blenderĀ  atau saringan.

  • Bubur daging beras merah

Resep makanan bayi 8 bulan yang selanjutnya yaitu bubur daging beras merah. Bahan-bahan yang digunakan yaitu 100 gr daging cincang, 50 gr beras merah, 50 gr bayam dan wortel, keju, seledri dan air. Cara membuatnya yaitu beras merah di rebus dengan air sampai matang, kemudian masukan tomat dan daging giling. Biarkan beberapa saat sampai mendidih, setelah itu masukan wortel, bayam, keju dan seledri. Aduk sampai rata kemudian angkat dan sajikan selagi hangat.

  • Cemilan sehat

Selain memberikan makanan yang berbahan dasar beras, pada usia tersebut sebaiknya bayi diberikan cemilan sehat dengan bahan dasar buah-buahan. Salah satu jenis buah yang bisa digunakan untuk membuat cemilan sehat yaitu buah pisang. Bahan-bahan lain yang diperlukan yaitu pisang, susu formula dan air. Cara membuatnya yaitu susu formula diseduh kemudian dicampur dengan buah pisang yang sudah dihaluskan. Aduk sampai rata dan benar-benar tercampur. Setelah itu Anda bisa langsung menyajikannya untuk bayi.

Demikian beberapa variasi menu dan resep makanan bayi 8 bulan yang bisa menjadi pilihan bagi Anda dalam menyajikan makanan pendamping ASI untuk bayi. Hal yang paling penting adalah kandungan gizi dari makanan tersebut harus benar-benar mencukupi kebutuhan bayi dalam masa pertumbuhan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517