Resep dan Cara Membuat Tim Ikan Tuna Tahu Untuk MPASI

Ketika menginjak usia 9 bulan, menu MPASI untuk si kecil tentu akan berbeda dari bulan sebelumnya. Kini sudah waktunya Anda memperkenalkan tekstur makanan yang lebih padat dengan tambahan sayuran dan lauk pauk. Salah satu sumber makanan yang bisa Anda tambahkan ke dalam menu makanan si kecil adalah ikan. Hal ini karena ikan merupakan sumber protein yang baik untuk makanan pendamping ASI.

Ikan tuna merupakan salah satu jenis ikan yang dianjurkan untuk MPASI. Sama halnya dengan ikan salmon, tuna juga mengandung omega-3 dan 6 yang berguna untuk mengoptimalkan kecerdasan otak bayi. Omega-3 yaitu DHA juga berperan penting dalam menjaga kesehatan mata dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi dalam mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Kembang kol mengandung vitamin C sebagai antioksidan yang berperan penting dalam menghambat pertumbuhan sel kanker dan penyakit berbahaya lainnya. Kandungan serat di dalam kembang kol berguna untuk mencegah gangguan pada sistem pencernaan. Selain itu, kembang kol juga mengandung asam folat, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, magnesium, posfor dan kalsium yang bermanfaat untuk menunjang tumbuh kembang bayi.

Untuk membuat tim ikan tuna dan tahu, berikut ini resep dan cara membuatnya yang bisa Anda praktekan dengan mudah di rumah.

Bahan yang diperlukan:

  • 50 gram fillet ikan tuna
  • 50 gram tahu
  • 20 gram beras (cuci bersih)
  • 2 liter kaldu daging
  • 50 gram wortel (dipotong-potong)
  • 50 gram kembang kol (cincang kasar)
  • 1 sdm air jeruk nipis

Cara membuat tim ikan tuna dan tahu:

  1. Lumuri daging ikan tuna dengan air perasan jeruk nipis, lalu diamkan selama 3 menit, cuci sampai bersih.
  2. Masak beras dengan air kaldu daging sampai beras menjadi lunak.
  3. Masukkan kembang kol, ikan dan wortel, kemudian masak hingga matang sempurna.
  4. Tambahkan tahu yang sudah dipotomg dadu, biarkan hingga mendidih.
  5. Angkat dan siap untuk disajikan selagi hangat pada bayi.

Nah, demikian resep dan cara membuat tim ikan tuna dan tahu yang bisa Anda coba di rumah dalam membuat menu makanan pendamping ASI yang sehat dan bergizi. Selamat mencoba!

Related Posts

Share This