Resep dan Cara Membuat Nasi Tim Ayam Isi Telur Untuk Bayi

Banyak ibu muda yang merasa kebingungan dalam membuat menu makanan pendamping ASI untuk balita. Sebenarnya untuk membuat menu makanan pendamping ASI bukanlah hal yang sulit jika mengetahui resepnya. Dengan membuat sendiri makanan untuk si kecil, tentunya lebih hemat dan lebih sehat. Selain itu, Anda juga bisa mengontrol asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh si kecil dalam mengoptimalkan pertumbuhannya.

Makanan pendamping ASI harus disajikan dengan menu yang lebih variatif sehingga si kecil tidak mudah merasa bosan. Selain itu, hal ini bertujuan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi yang menunjang tumbuh kembangnya. Langsung saja, berikut ini resep untuk membuat nasi tim ayam isi telur sebagai MPASI yang bergizi untuk si kecil.

Bahan:

  • 25 gram daging ayam giling
  • 2 gram beras (cuci bersih)
  • 25 gram daun kangkung (iris kasar)
  • 25 gram tomat (potong kecil)
  • 1 kuning telur
  • 1 sdm santan kental
  • Air

Cara membuat:

  1. Rebus ayam dan beras dengan air sambil terus diaduk sampai matang dan menjadi bubur.
  2. Masukkan tomat dan kangkung, lalu masak hingga sayur matang.
  3. Tambahkan santan dan kuning telur. Kemudian masak sebentar sambil diaduk hingga mendidih.
  4. Angkat dan tuangkan ke dalam wadah, biarkan dingin dan sajikan pada bayi.

Komposisi nasi tim ayam isi telur sangat efektif untuk membantu mengoptimalkan perkembangan si kecil. Daging ayam memiliki kandungan kalsium dan posfor yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Daging ayam sangat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan anak karena mengandung asam amino. Selain itu, daging ayam juga mengandung berbagai jenis mineral penting yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Telur mengandung zinc (seng), vitamin A, vitamin B12, vitamin D dan vitamin E yang berguna untuk menunjang pertumbuhan si kecil. Selain itu, telur juga mengandung kolin yang bermanfaat untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak.

Nah, itulah resep dan cara membuat nasi tim ayam isi telur yang bisa Anda coba dirumah dalam membuat sajian makanan bergizi untuk si kecil. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This