Resep dan Cara Membuat Jus Sari Kacang Hijau Untuk Bayi

Kacang hijau kaya akan kandungan serat, magnesium, zat besi dan vitamin B kompleks yang berguna untuk menjaga kesehatan sistem saraf dan meningkatkan kecerdasan bayi. Vitamin B2 yang terdapat pada kacang hijau berperan penting dalam membantu proses penyerapan protein ke dalam tubuh. Selain itu, kandungan serat kacang hijau sangat efektif untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan si kecil.

Selain diolah menjadi bubur, kacang hijau bisa dijadikan minuman sehat untuk si kecil dalam melengkapi kebutuhan nutrisi di sela-sela pemberian makanan pendamping ASI. Berikut ini langkah demi langkah untuk membuat jus sari kacang hijau.

Bahan:

  • 100 gram kacang hijau
  • 150 ml susu formula

Cara membuat jus sari kacang hijau:

  • Rendam kacang hijau kurang lebih selama 2 jam supaya sedikit lebih lunak. Kemudian rebus hingga matang dan lunak.
  • Haluskan menggunakan blender. Lalu angkat dan saring.
  • Tambahkan susu formula sambil diaduk rata.
  • Angkat dan tuangkan ke dalam mangkuk. Segera sajikan pada bayi.

Kacang hijau memiliki kandungan protein yang sangat lengkap untuk membantu pembentukan dan pertumbuhan sel-sel organ, otak dan otot. Vitamin B1 pada kacang hijau berperan penting dalam membantu penyerapan nutrisi dan proses metabolisme tubuh. Selain itu, kandungan zat besi dan sengĀ  bermanfaat untuk membantu pembentukan hemoglobin sehingga mencegah penyakit anemia pada bayi.

Kacang hijau juga mengandung kadar vitamin A serta zat antioksidan seperti lutein, beta karoten dan zea-xanthine yang berperan penting dalam mencegah radikal bebas. Kandungan antioksidan tersebut sangat berguna dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Selain itu, kandungan posfor dan kalsium sangat efektif untuk membantu pertumbuhan dan menjaga kesehatan tulang.

Setelah mengetahui kandungan nutrisi dari kacang hijau serta manfaatnya untuk pertumbuhan si kecil, Anda tidak perlu ragu lagi untuk menyajikan jus sari kacang hijau sebagai minuman sehat dalam melengkapi kebutuhan nutrisi pada tahap pemberian makanan pendamping ASI. Semoga informasi yang penulis sajikan bermanfaat!

Related Posts

Share This