Resep dan Cara Membuat Bubur Makaroni Untuk Bayi

Makaroni adalah salah satu sumber karbohidrat. Bubur makaroni sangat cocok untuk diberikan pada anak balita. Makaroni memiliki tekstur yang halus serta lembut dan rasa yang khas sehingga si kecil tidak akan mudah bosan. Makaroni bisa dikombinasikan dengan beberapa jenis sayuran untuk melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil.

Berikut ini bahan-bahan yang diperlukan dan cara membuat bubur makaroni yang bisa Anda praktekan sendiri di rumah untuk menyajikan makanan sehat bagi si kecil. Simak penjelasannya dibawah ini:

Bahan:

  • 25 gram macaroni
  • 30 gram daging ayam
  • 1 butir kuning telur
  • 25 gram buncis
  • 100 ml kaldu ayam/sapi
  • 10 gram keju parut
  • 50 gram labu kuning

Cara membuat:

  1. Labu kuning dikupas dan di parut halus. Kemudian buncis diiris halus.
  2. Rebus macaroni dan daging ayam menggunakan air kaldu ayam/sapi.
  3. Tambahkan labu kuning dan buncis sambil diaduk rata hingga matang dan kental.
  4. Campurkan kuning telur dan aduk sebentar sampai tercampur. Lalu angkat.
  5. Taburi dengan keju parut, kemudian sajikan pada bayi dalam keadaan hangat.

Makaroni sangat kaya akan kandungan karbohidrat, posfor dan kalsium yang sangat efektif untuk menunjang pertumbuhan gigi dan tulang si kecil. Dalam 100 gram makaroni terdapat 8.7 gram protein, 0.4 gram lemak, 353 kkal energi dan 78.7 gram karbohidrat. Keju mengandung kalsium, posfor, zat besi, vitamin A, protein dan lemak.

Sedangkan labu kuning merupakan salah satu jenis sayuran dengan kandungan gizi tinggi. Labu kuning mengandung vitamin C sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Selain itu, labu kuning sebagai sumber vitamin dan mineral karena mengandung riboflavin, asam folat, zat besi, vitamin K, vitamin A, vitamin E, posfor, kalium dan magnesium.

Nah, itulah resep dan cara membuat bubur makaroni serta penjelasan singkat mengenai kandungan gizi dari komposisi bahan yang digunakan. Semoga informasi yang penulis sajikan bisa bermanfaat dan menjadi sumber referensi bagi Anda dalam menyajikan makanan sehat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil.

Related Posts

Share This