Resep Bubur Susu Kentang Untuk Bayi Usia 6 Bulan

Ketika bayi sudah memungkinkan untuk mendapat asupan makanan padat sebagai pendamping ASI, maka sebaiknya Anda lebih aktif untuk memperkenalkan berbagai macam variasi makanan sesuai dengan tahap kebutuhan gizi si kecil. Makanan padat pendamping ASI mulai diperkenalkan sejak usia 6 bulan. Salah satu jenis makanan yang dianjurkan untuk diberikan pertama kali pada bayi yaitu bubur susu.

Pada tahap awal pemberian makanan pendamping ASI memang dianjurkan untuk memberikan makanan dengan tekstur yang lebih encer dan lembut. Makanan padat yang akan disajikan harus dibuat lunak terlebih dahulu sehingga lebih mudah untuk ditelan dan dicerna oleh si kecil. Menu makanan yang bisa Anda sajikan untuk si kecil yaitu bubur susu dikombinasikan dengan kentang.

Berikut bahan-bahan yang diperlukan dan cara membuat bubur susu kentang yang bisa Anda praktekan sendiri di rumah.

Bahan:

  • 2 buah kentang rebus
  • 75 ml air matang
  • 100 ml susu formula
  • 1 sdm tepung beras halus

Cara membuat:

  • Kentang rebus dibersihkan dari kulitnya dan dihaluskan menggunakan blender.
  • Campurkan dengan air dan susu formula.
  • Masukan tepung beras halus dan aduk sampai semua bahan benar-benar tercampur.
  • Panaskan diatas api sambil diaduk sampai bubur matang dan kental.
  • Setelah matang, aduk sampai asapnya hilang dan tidak terlalu panas.
  • Tuangkan ke dalam mangkuk dan sajikan selagi hangat.

Kentang merupakana salah satu sumber karbohidrat yang sangat baik karena dibutuhkan sebagai sumber energi, pembentukan sel darah merah dan menjaga kesehatan sistem saraf pusat. Kentang mengandung vitamin dan mineral yang berguna untuk menjaga kesehatan si kecil. Salah satu jenis vitamin yang terdapat pada kentang yaitu vitamin C sebagai antioksidan.

Menurut hasil penelitian terbaru menyatakan bahwa kentang berguna sebagai anti kanker karena mengandung antioksidan flavonoid dan quercetin. Selain itu, kentang juga mengandung vitamin B kompleks seperti asam folat, niacin dan thiamin yang berguna untuk menjaga kesehatan sistem saraf si kecil dalam masa perkembangannya.

Kandungan kalsium pada susu sangat berguna untuk menunjang pertumbuhan dan menjaga kesehatan tulang serta gigi si kecil. Masih banyak manfaat lain dari kedua jenis bahan makanan tersebut untuk menunjang perkembangan bayi. Semoga informasi yang kami sajikan bermanfaat dan menjadi referensi bagi Anda dalam membuat sajian makanan sehat untuk si kecil.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517