Resep Bolu Wortel Untuk Cemilan Anak

Kebanyakan anak-anak tidak menyukai sayuran dengan alasan rasanya tawar dan tidak enak. Padahal sayuran merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung vitamin dan mineral penting untuk menunjang tumbuh kembang anak. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menyiasatinya dengan cara mengolah sayuran menjadi cemilan yang lezat dan bergizi. Salah satunya yaitu membuat bolu wortel.

Bolu wortel merupakan salah satu cemilan sehat untuk anak. Selain rasanya yang enak, wortel memiliki kandungan gizi yang tidak perlu diragukan lagi. Yang paling umum dari wortel yaitu memiliki kandungan betakroten/vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, wortel juga mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan untuk meningkatkan imunitas anak. Vitamin C pada wortel juga berperan dalam pembentukan kolagen atau protein pembentuk jaringan ikat pada tulang.

Nah, berikut ini resep dan cara membuat bolu wortel untuk cemilan sehat anak

Bahan:

  • 175 tepung terigu
  • 150 gram mentega
  • 200 gram wortel parut
  • 4 butir telur
  • 200 gram gula pasir
  • 1 sdm tepung terigu untuk mencampur wortel
  • 1 sdt cake emulsifier
  • Paper cup

Cara membuat bolu wortel:

  1. Kocok telur dan gula pasir hingga mengental/mengembang. Tambahkan cake emulsifier sambil diaduk.
  2. Masukkan terigu secara perlahan sambil terus diaduk. Tambahkan mentega cair dan aduk rata.
  3. Campurkan wortel parut dengan 1 adm terigu. Masukkan ke dalam adonan sambil diaduk hingga tercampur.
  4. Tuangkan ke dalam paper cup. Kemudian panggang dalam oven dengan suhu 160 derajat hingga matang.
  5. Angkat, dinginkan dan hidangkan.

Itulah resep dan cara membuat bolu wortel yang bisa Anda praktekan sendiri di rumah. Daripada memberikan cemilan dari warung, lebih baik Anda membuat sendiri cemilan untuk si kecil. Dengan begitu Anda bisa mengontrol asupan nutrisi untuk menunjang perkembangannya. Selain itu, cemilan yang dibuat sendiri dirumah tentunya lebih terjamin kebersihannya dan terbebas dari zat kimia berbahaya. Semoga menjadi referensi yang bermanfaat!

Related Posts

Share This