Relaksasi Untuk Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Menunjang Perkembangan Janin

Relaksasi bagi ibu hamil merupakan salah satu hal yang sangat penting. Hal ini karena perubahan hormon selama masa kehamilan menyebabkan berbagai macam keluhan pada ibu hamil sehingga apabila tidak segera diatasi bisa berdampak buruk bagi ibu hamil dan kesehatan janin. Salah satu keluhan yang biasanya dirasakan oleh ibu hamil yaitu cepat merasa lelah dan pegal-pegal. Bagi wanita yang baru pertama kali menjalani masa kehamilan biasanya akan mengalami perasaan cemas dan tegang sehingga hal ini akan berpengaruh bagi kondisi psikis ibu hamil dan perkembangan janin.

Manfaat relaksasi bagi ibu hamil

Untuk mengatasi berbagai macam keluhan dan perasaan cemas yang berlebihan selama menjalani masa kehamilan diperlukan latihan khusus bagi ibu hamil seperti melakukan relaksasi. Metode relaksasi yang bebar akan memberikan dampak positif dalam mengatasi perasaan cemas dan khawatir ketika menjalani masa kehamilan. Relaksasi merupakan salah satu kegiatan untuk mengendurkan saraf-saraf yang tegang. Pada waktu hamil, relaksasi bertujuan untuk menguatkan perasaan ibu hamil dalam menghadapi berbagai macam keluhan sehingga ibu hamil akan merasa lebih tenang. Tindakan ini merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan ibu hamil secara psikis.

Berikut Ini Ada Beberapa Langkah Relaksasi Yang Bisa Dilakukan Oleh Ibu Hamil

  • Menciptakan suasana tenang

Langkah pertama untuk melakukan relaksasi selama kehamilan yaitu dengan menciptakan suasana yang tenang. Ibu hamil harus selalu berpikiran positif dalam menjalani kehamilan supaya terhindar dari perasaan stress yang bisa berpengaruh bagi kesehatan janin. Untuk menciptakan suasana yang tenang, ibu hamil bisa menggunakan bantuan musik dengan nada yang lembut sambil rebahan atau duduk santai. Supaya ibu hamil bisa merasakan suasana yang lebih tenang dan bisa berkonsentrasi, tutup mata sambil mengatur nafas secara perlahan. Cara ini bisa dilakukan secara berulang dalam beberapa menit. Apabila latihan ini dilakukan secara rutin dan teratur maka akan membantu Anda dalam mengatasi keluhan dan mempersiapkan diri menjelang proses persalinan yang lancar.

  • Membuat perasaan tenang

Pada dasarnya relaksasi bertujuan untuk menciptakan perasaan dan suasana hati yang tenang. Untuk menciptakan kondisi tersebut, posisikan tubuh Anda dalam keadaan bersila kemudian letakan tangan disebelah badan dengan posisi bagian siku lurus. Setelah itu angkat tangan sehingga lurus dengan kepala sambil menarik napas dan menahannya, turunkan tangan secara perlahan sambil menghembuskan napas. Cara ini akan membuat perasaan ibu hamil lebih rileks sehingga rasa cemas akan berkurang secara perlahan.

  • Menerapkan metode pernapasan

Cara selanjutnya untuk melakukan relaksasi selama kehamilan yaitu dengan menggunakan metode pernapasan. Ambil posisi yang nyaman seperti duduk atau berbaring kemudian pejamkan mata dan lenturkan otot-otot di seluruh tubuh. Setelah Anda mendapatkan posisi yang nyaman, lakukan metode pernapasan dengan menarik napas secara perlahan dan keluarkan secara perlahan. Latihan ini bisa Anda lakukan secara teratur dan rutin setiap hari.

  • Mengoptimalkan waktu untuk relaksasi

Relaksasi tidak memerlukan waktu yang lama. Ibu hamil bisa memanfaatkan waktu singkat untuk melakukan relaksasi. Cara untuk melakukan relaksasi dalam waktu singkat yaitu ambil posisi duduk yang nyaman kemudian tarik napas secara perlahan dan keluarkan. Cara ini tidak memerlukan banyak gerakan dan waktu yang banyak. Ibu hamil bisa melakukan ini secara berulang sehingga akan membuat perasaan ibu hamil lebih nyaman dan tenang dalam menjalani kehamilan. Relaksasi bisa dilakukan dengan durasi yang singkat dan sesuai kebutuhan ibu hamil.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517