Relaksasi Untuk Ibu Menyusui

Aktivitas menyusui terkadang menjadi hal yang melelahkan, baik itu dari segi fisik ataupun psikis. Kondisi tersebut bahkan membuat sebagian wanita menjadi stres. Hal ini tentunya akan berdampak buruk terhadap kualitas dan kuantitas ASI. Disamping itu ibu menyusui stres akan lebih rentan mangalami gangguan kesehatan.

Relaksasi otot selama menyusui merupakan salah satu cara untuk mengistirahatkan fungsi fisik dan psikis yang menjadi penyebab stres. Adapun untuk metode relaksasi bagi ibu menyusui bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Manfaat relaksasi tentunya sangat banyak, salah satunya yaitu membantu memperlancar sirkulasi darah sehingga berdampak terhadap prosuksi ASI. Disamping itu, relaksasi selama menyusui akan membuat ibu hamil cenderung merasa lebih nyaman dalam menjalani hari-hari untuk merawat dan membesarkan bayi. kegiatan tersebut tidak akan lagi menjadi beban.Teknik dan cara relaksasi bagi ibu hamil bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Berikut Ini Metode dan Langkah-langkah Untuk Melakukan Relaksasi. Simak Penjelasannya!

  • Gunakan baby oil

Untuk melakukan relaksasi pada bagian payudara, Anda bia mengoleskan baby oil ataupun minyak oles lainnya yang dinilai lebih aman. Oleskan minyak tersebut pada telapak tangan dan juga ke bagian payudara secara merata.

  • Lakukan gerakan memutar pada payudara

Apabila payudara sudah diolesi minyak secara merata maka langkah selanjutnya yaitu memijat payudara. Angkat dan topang payudara sebelah kanan, lalu pijat dengan gerakan memutar menggunakan tiga jari dimulai dari pangkal payudara menuju ke areola. Kemudian lakukan gerakan yang sama pada payudara sebelah kiri.

  • Relaksasi untuk melancarkan ASI

Letakkan jari tangan sebelah kiri pada payudara sebelah kanan kemudian mulai lakukan pemijatan dengan menggunakan tiga jari sambil menekan payudara yang dimulai dari bagian pangkal menuju ke areola. Untuk melancarkan ASI, lakukan pengurutan dari bagian samping menuju kearah areola.

  • Gerakan memerah payudara

Teknik ini sama halnya dengan gerakan memerah susu. Letakkan ibu jari tangan kanan dan kiri pada bagian areola di sebelah atas dan jari yang lain di bagian bawah. Kemudian tekan secara bersamaan menuju ke bagian dada dan lakukan gerakan memutar di sekitar areola. Lakukan secara perlahan dan lembut minimal satu menit.

  • Gerakan kupu-kupu

Letakkan tangan di bagian dada dan disekitar payudara. Kemudian lakukan gerakan seperti kupu-kupu dengan melakukan gerakan dari bagian tengah payudara menuju ke atas sambil mengangkat payudara, lalu lepaskan secara bersmaan. Lakukan secara perlahan dan berulang.

  • Memijat menyeluruh

Untuk melakukan gerakan ini, mulailah dengan meletakkan tangan bagian kanan pada payudara kanan dengan posisi di areola, sedangkan tangan kanan berada di bawah areola. Jari jemari tangan kanan dan kiri akan bertemu di bagian bawah payudara, kemudian lakukan gerakan untuk mendorong kedua telapak tangan secara bersamaan menuju kea rah bawah dengan gerakan memutar.

Nah, itulah beberapa gerakan relaksasi bagi ibu menyusui, semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517