Relaksasi Panca Indera Bermanfaat Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Menjaga kesehatan selama hamil sangat penting untuk menunjang perkembangan janin. Dalam hal ini tidak hanya kesehatan fisik saja yang harus dijaga, akan tetapi ibu hamil juga harus menjaga kondisi psikologis supaya terhindar dari perasaan stres. Perubahan kondisi fisik pada awal-awal kehamilan terkadang membuat ibu hamil merasa belum terbiasa sehingga beresiko menyebabkan stres.

Relaksasi bagi ibu hamil

Kondisi pikiran yang tegang dan stress akan berdampak buruk bagi kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Oleh karena itu ibu hamil sangat disarankan untuk menghindari hal-hal yang bisa memicu stress dan menikmati kehamilan sebagai pengalaman yang membahagiakan dalam kehidupan berumah tangga. Salah satu cara untuk mencegah stress pada waktu hamil yaitu dengan melakukan relaksasi.

Manfaat Relaksasi Untuk Kesehatan Ibu Hamil

  • Relaksasi mata

Ibu hamil bisa melakukan relaksasi mata dengan cara menikmati pemandangan alam yang indah atau menonton film kesukaan. Melakukan relaksasi mata dengan melihat pemandangan yang indah dan alami akan membuat ibu hamil merasa lebih nyaman dalam menjalani proses kehamilan. Melihat kejadian yang menyenangkan akan menciptakan suasana perasaan atau mood ibu hamil yang lebih tenang dan nyaman. Hal ini tentunya akan mencegah stress selama menjalani proses kehamilan.

  • Relaksasi indera pendengaran

Untuk menghindari stress dalam menjalani kehamilan, ibu hamil bisa melakukan relaksasi melalui indera pendengaran dengan cara mendengarkan musik. Alunan nada dari sebuah lagu akan membuat perasaan ibu hamil lebih nyaman dan tenang. Selain itu, alunan music dengan nada yang lembut juga akan mempengaruhi perkembangan janin di dalam kandungan.

  • Relaksasi indera penciuman

Pada periode awal kehamilan biasanya ibu hamil merasa tidak nyaman dengan berbagai macam keluhan. Salah satunya yaitu gejala morning sickness (mual, muntah dan pusing). Kondisi tersebut tidak jarang membuat ibu hamil merasa tidak nyaman dalam beraktivitas sehingga memicu stress. Untuk mengatasi hal tersebut ibu hamil bisa melakukan relaksasi pada indera penciuman dengan menggunakan aromaterapi. Sensasi wangi dari aromaterapi perlahan-lahan akan meredakan gejala morning sickness.

  • Relaksasi pada indera peraba (kulit)

Relaksasi kulit bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi stress pada waktu hamil. Relaksasi kulit bisa dilakukan dengan cara melakukan terapi pijat. Area untuk terapi pijat biasanya lebih difokuskan pada bagian kepala dan kaki yang merupakan pusat refleksi. Relaksasi pijat akan membuat ibu hamil merasa nyaman sehingga terhindar dari perasaan stress. Akan tetapi dalam melakukan pemijatan pada daerah kaki harus hati-hati karena bisa memicu kontraksi apabila caranya tidak tepat.

  • Relaksasi indera perasa

Gejala kehamilan biasanya akan menyebabkan nafsu makan berkurang sehingga asupan makanan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi selama kehamilan terganggu. Hal ini tentunya akan membahayakan perkembangan janin. Untuk mengatasi hal tersebut ibu hamil bisa melakukan relaksasi indera perasa dengan cara menyeimbangkan berbagai macam rasa makanan. Salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi makanan manis seperti madu, buah-buahan atau sayuran dan berbagai macam bumbu pada masakan.

Relaksasi panca indera bertujuan untuk mencegah perasaan stress pada ibu hamil dan membuat ibu hamil merasa nyaman dalam menjalani proses kehamilan sehingga perkembangan janin di dalam kandungan tidak akan terganggu.

Related Posts

Share This