Rambut Rontok Pasca Melahirkan dan Cara Mengatasinya

Perubahan hormone tidak hanya pada waktu hamil, bahkan setelah melahirkan pun kondisi tersebut masih berlangsung. Dampak perubahan hormone setelah melahirkan biasanya mengakibatkan rambut rontok. Kondisi tersebut merupakan hal yang wajar dan akan membaik dengan sendirinya beberapa minggu pasca persalinan.

Persentase rambut rontok setelah melahirkan mencapai angka diatas 50%. Meskipun merupakan hal yang wajar, namun banyak wanita yang merasa terganggu dengan kondisi tersebut. Rambut rontok menjadi masalah yang serius setelah melahirkan karena mempengaruhi penampilan dan rasa percaya diri. Tindakan dan perawatan rambut rontok pasca melahirkan bisa Anda lakukan dengan cara sederhana tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

  1. Jauhi stres

Langkah pertama cara untuk mengatasi rambut rontok pasca melahirkan adalah dengan menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan stres. Tidak bisa dipungkiri bahwa stres bisa mempengaruhi kinerja hormone sehingga berdampak terhadap rambut rontok. Stres bisa memicu kerontokan semakin parah setelah melahirkan. Oleh karena itu, Anda harus menjaga kestabilan mental dan emosional supaya keseimbangan produksi hormone tidak terganggu.

  1. Perhatikan asupan makanan bergizi

Makanan yang Anda konsumsi akan berpengaruh terhadap kesehatan, termasuk salah satunya kesehatan rambut. Untuk menjaga kesehatan rambut, perhatikan asupan makanan yang bergizi setelah melahirkan. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral seperti ikan, kacang-kacangan, daging dan seafood. Selain itu, konsumsi juga makanan yang mengandung asam lemak omega-3.

  1. Hindari tindakan yang berlebihan

Jangan melakukan tindakana yang berlebihan ketika mendapati rambut rontok. Sebaiknya jangan menggunakan hair dryer, sisir yang terlalu rapat, pewarna rambut ataupun obat-obatan rambut. Tindakan tersebut sangat beresiko memperparah kondisi kerontokan.

  1. Melakukan perawatan dengan benar

Perawatan dan tindakan yang benar akan membantu mengatasi rambut rontok pasca melahirkan. Gunakan vitamin rambut, kondisioner dan shampoo khusus untuk mengatasi rambut rontok. Selain itu, jika rambut Anda terlalu panjang maka sebaiknya dipotong untuk mengurangi kerontokan.

  1. Konsultasi dengan pakar kesehatan rambut

Jika semua tindakan yang Anda lakukan ktidak membuahkan hasil yang optimal dan kerontokan semakin parah maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan rambut. Mintalah saran dokter tentang cara perawatan rambut yang baik dan benar.

Rambut rontok setelah melahirkan merupakan hal yang wajar dan lumrah. Anda tidak perlu terlalu panik dan khawatir. Lakukan perawatan dengan cara yang benar, perhatikan asupan makanan bergizi dan jangan melakukan tindakan yang bisa memperparah kondisi kerontokan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan minyak kemiri untuk menstimulus dan memperkuat akar rambut.

Itulah tips tentang cara mengatasi rambut rontok pasca melahirkan, semoga ulasan yang penulis sajikan bisa bermanfaat bagi Anda yang saat ini sedang menghadapi permasalahan rambut rontok.

Related Posts

Share This