Rahasia Alami Mengatasi Ambeien Pada Ibu Hamil

Ambeien pada ibu hamil atau lebih dikenal dengan penyakit wasir pada kalangan masyarakat merupakan salah satu gejala adanya pelebaran terhadap pembuluh darah yang berada di bagian anus.

Memang benar, ambeien saat hamil juga bisa sembuh dengan sendirinya, yaitu sekitar satu sampai dua minggu, namun jika ambeien yang diderita sudah mulai mengalami pembengkakan serta sudah terjadinya iritasi, patsinya akan sangat mengganggu. Palagi jika keadaan Anda tengah hamil, pastinya akan sangat menjengkelkan.

Untuk mencari cara mengobati ambeien saat hamil pastinya akan mengalami sedikit hambatan, karena mengobati ambeien pada kehamilan tidak semudah mengobati ambeien pada kondisi biasa. Oleh karena itu, seorang pakar kebidanan serta kandungan yang berasal dari Mayoclinic, Roger W. Harms, M.D. memberikan beberapa cara dalam menyembuhkan ambeien pada ibu hamil, yaitu sebagai berikut:

  1. Duduk berendam di air hangat

Cara ini cukup efektif untuk Anda lakukan, karena air panas juga memiliki manfaat yang besar guna mencairkan gumpalan darah yang beku. Anda bisa melakukan cara ini dengan rutin setelah Anda buang air besar.

  1. Manfaatkan es batu

Anda juga bisa memanfaatkan es batu untuk meredakan rasa nyeri serta mengurangi adanya aliran darah terhadap pembuluh darah yang semakin hari semakin melebar.

  1. Kurangi tekanan perut dengan “SOS”

“SOS” yang dimasud ini bukanlah save our soul, namun SOS yang dimaksud yaitu sleep on side atau dalam kata lain berbaring dengan posisi miring. Dengan seringnya Anda berbaring dengan bolak-balik ke kiri atau bahkan ke kanan, maka ibu hamil bisa mengurangi adanya tekanan yang dilakukan uterus terhadap pembuluh darah besar yang memang ada di bagian belakang perut, sehingga janin yang ada di dalam kandungan bisa memperoleh aliran darah serta nutrisi yang maksimal.

  1. Area dubur harus selalu bersih

Anda bisa menggunakan tisu basah setelah Anda buang air besar. Tisu basah yang akan Anda gunakan sebaiknya memiliki kandungan alkohol serta pewangi. Jika perlu, maka Anda bisa menggunakan tisu yang di khususkan untuk penderita ambeien.

  1. Rutin konsumsi sayur dan buah-buahan setiap hari

Anda bisa memperbanyak mengkonsumsi sayuran juga buah-buhan yang memiliki kandungan vitamin, dan ini baik untuk mengatasi ambeien untuk ibu hamil.

  1. Perbanyak minum air putih

Ketika Anda mengalami ambeien, maka sebaiknya Anda memperbanyak asupan cairan Anda dengan cara mengkonsumsi air mineral dengan jumlah yang cukup. Karena dengan mengkonsumsi air putih, bagian fases akan lebih cenderung melunak.

  1. Biasakan untuk tidak menahan buang air besar

Jangan pernah Anda membiasakan diri untuk menaham keinginan buang air besar, karena hal ini bisa berakibat fases menjadi mengeras serta bisa membuat proses mengejan menjadi lebih lama. Jika anda mendapatkan kesulitan untuk buang air besar, maka Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi satu gelas air hangat di pagi hari sebelum Anda buang air besar.

Related Posts

Share This