Puree Kentang Buncis Untuk Bayi

Puree merupakan salah satu menu MPASI yang cocok untuk bayi usia 6 bulan. Pada umumnya puree bertekstur lembek dan encer sehingga memudahkan bayi untuk melumat serta mencerna makanan tersebut. Bahan dasar untuk membuat puree bisa menggunakan sayuran ataupun buah-buahan. Kedua jenis sumber makanan tersebut memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembang si kecil.

Dalam membuat puree, Anda bisa mengkombinasikan dua jenis sayuran yang berbeda supaya si kecil tidak mudah bosan dengan citarasa yang sama. Salah satunya yaitu puree kentang dan buncis. Berikut ini penulis akan berbagi informasi tentang resep dan cara membuat puree kentang buncis. Simak penjelasannya berikut ini.

Bahan:

  • 50 gram buncis muda (cuci dan potong-potong)
  • 100 gram kentang (kupas dan potong dadu)
  • 100 ml kaldu daging

Cara membuat puree kentang buncis:

  1. Kukus buncis dan kentang sampai matang atau teksturnya lunak. Lalu angkat.
  2. Masukkan buncis, kentang dan air kaldu daging ke dalam blender dan haluskan hingga teksturnya benar-benar lembut.
  3. Tuangkan puree ke dalam mangkuk dan hidangkan.

Buncis memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap diantaranya yaitu posfor, serat, vitamin B kompleks dan vitamin C yang berguna untuk memperlancar saluran pencernaan, meningkatkan perkembangan otak dan sistem kekebalan tubuh si kecil. Selain itu, kentang juga sangat kaya akan kandungan zat besi yang berperan penting dalam memperlancar aliran oksigen untuk mengoptimalkan perkembangan dan kinerja otak.

Perhatikan aspek kebersihan dari setiap bahan yang akan digunakan untuk membuat puree untuk MPASI. Biasakan untuk selalu mencuci bersih setiap bahan makanan yang akan digunakan untuk membuat puree. Selain itu, jika memungkinkan pilihlah sayuran organik yang terbebas dari paparan zat kimia pestisida.

Dalam membuat puree sayuran ataupun buah, jangan sesekali merebusnya karena bisa merusak dan menghilangkan kandungan gizinya. Sebaiknya Anda menggunakan teknik mengukus untuk melunakkan sayuran  sebelum dibuat pure. Dengan begitu kandungan nutrisinya akan tetap terjaga dan utuh.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517