Puree Bit Untuk Bayi

Puree merupakan salah satu menu MPASI yang sangat cocok untuk bayi usia 6 bulan. Puree biasanya terbuat dari buah-buahan atau sayuran yang dihaluskan. Dengan teksturnya yang lembut dan sedikit encer maka akan memudahkan bayi dalam menelan dan mencerna makanan tersebut. Untuk jenis sayuran atau buah-buahan yang memiliki tekstur lebih keras maka harus dikukus terlebih dahulu sebelum dihaluskan menjadi puree.

Salah satu bahan makanan yang bisa diolah menjadi puree untuk bayi yaitu buah bit. Meskipun disebut buah namun sebenarnya bit merupakan umbi-umbian seperti bengkuang. Bit memiliki daging buah berwarna merah. Selain itu buah bit juga mengandung vitamin serta mineral penting seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B1 , vitamin B6, magnesium, posfor, mangan, serat, kalsium, bioflavonoid dan nutrisi penting lainnya.

Adapun langkah-langkah cara untuk membuat puree bit yaitu sebagai berikut:

Bahan:

  • 250 gram air kaldu
  • 50 gram bit (kupas dan potong dadu)
  • 1 sdm tepung beras (larutkan dengan sedikit air)

Cara membuat puree bit:

  1. Didihkan air kaldu dan masukkan potongan bit. Kemudian masak hingga bit benar-benar matang/lunak.
  2. Tuangkan larutan tepung beras dan didihkan hingga teksturnya mengental/ matang. Lalu angkat.
  3. Masukkan ke dalam blender dan haluskan. Kemudian tuangkan ke dalam mangkuk dan hidangkan.

Tahukah Anda bahwa nilai gizi pada bit akan meningkat setelah mengalami proses pemasakan kurang lebih selama 45 menit. Salah satu contohnya yaitu kandungan awal protein dalam 100 gram bit sebelum di masak yaitu sekitar 1,7 gram dan akan meningkat menjadi 2,3 gram setelah dimasak. Selain itu kandungan karbohidrat yang awalnya 7,6 gram akan meningkat menjadi 9,5 gram.

Bit mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Bit juga sangat berguna untuk menstabilkan sel darah merah sehingga mencegah penyakit anemia pada anak. Selain itu, kandungan antioksidan pada bit juga berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem saraf otak sehingga bermanfaat untuk mencerdaskan otak si kecil.

Related Posts

Share This