Pure Buah Alpukat dan Jeruk Untuk Bayi

Pure buah menjadi salah satu alternatif makanan pendamping ASI untuk bayi. Pure merupakan variasi dari bubur dengan bahan dasar buah-buahan yang dihaluskan menggunakan blender. Pure buah mulai bisa diperkenalkan pada bayi sejak berusia 6 bulan. Sebagian jenis buah bisa langsung dibuat pure, namun ada juga jenis buah yang harus dikukus terlebih dahulu sebelum diolah menjadi pure.

Dalam membuat pure buah sebaiknya menghindari penambahan gula. Untuk menambah citarasa sebaiknya Anda cukup menambahkan ASI saja. Pada tahap awal pengenalan pure buah untuk bayi, Anda cukup menggunakan satu jenis buah saja. Hal ini bertujuan supaya si kecil lebih mudah mengenali dan terbiasa dengan rasa makanan baru selain ASI. Namun secara perlahan Anda bisa mengkombinasikan lebih dari satu jenis buah untuk diajadikan pure.

Berikut cara membuat pure alpukat dan jeruk

Bahan:

  • ¬Ĺ buah alpukat
  • 1 sdm air jeruk manis (jeruk Pontianak/jeruk baby)

Cara membuat pure alpukat dan jeruk:

  1. Keruk buah alpukat dari kulitnya.
  2. Haluskan menggunakan saringan kawat.
  3. Campur buah alpukat denga air jeruk, lalu aduk rata dan siap untuk disajikan pada bayi.

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang direkomendasikan oleh ahli gizi sebagai tambahan MPASI. Seperti halnya pisang dan jeruk, alpukat termasuk buah yang aman serta memiliki kandungan gizi tinggi. Kandungan lemak buah alpukat sangat tinggi, namun lemak yang terkandung di dalam buah alpukat yaitu lemak baik yang berguna untuk menunjang pertumbuhan si kecil.

Kandungan gizi serta nutrisi buah alpukat yaitu 11 vitamin dan 14 mineral penting. Nutrisi tersebut antara lain yaitu vitamin A, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, potassium, asam folat, mangan, posfor, zat besi, kalium, serat selulosa dan lain sebagainya. Lemak nabati yang terdapat pada buah alpukat sangat efektif untuk memenuhi  kebutuhan lemak si kecil dan tidak akan menyebabkan obesitas.

Selain itu, buah alpukat juga memiliki kandungan gluthatione yang berperan penting sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem imun dan mencegah penuaan. Gluthatione juga bekerja sama dengan vitamin E untuk proses pembakaran lemak di dalam tubuh sehingga mencegah terjadinya obesitas pada bayi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517