Puding Pepaya: Cemilan Sehat Untuk Anak

Pepaya memiliki tekstur daging buah lembut dan rasanya manis sehingga sangat cocok untuk si kecil. Buah pepaya yang sudah matang bisa langsung diberikan untuksi kecil dan bisa juga dihaluskan terlebih dahulu menjadi pure ataupun jus buah. Selain itu, Anda juga bisa mengolah buah pepaya menjadi cemilan sehat dan bergizi seperti puding pepaya.

Puding pepaya sangat cocok untuk dijadikan cemilan untuk anak. Hal ini karena pepaya merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan magnesium dan kalsium yang berguna untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi. Disamping itu, pepaya juga mengandung enzim papain yang bermanfaat untuk mencegah gangguan pencernaan.

Buah pepaya juga mengandung betakaroten yang berfungsi sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem imun si kecil. Selain itu, betakaroten akan diubah menjadi provitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. Oleh karena itu, daripada memberikan jajanan lebih baik Anda membuat sendiri cemilan sehat untuk si kecil.

Berikut ini resep dan langkah-langkah cara membuat puding pepaya

Bahan:

  • 350 gram pepaya matang
  • 2 bungkus agar-agar warna putih
  • 1 sdm air jeruk lemon
  • 1 sdt jelly bubuk
  • 150 gram gula pasir
  • 1200 ml air
  • Susu kental manis putih

Cara membuat puding pepaya:

  1. Masukkan buah pepaya dan 1 sdm air jeruk lemon ke dalam blender. Kemudian haluskan. Sisihkan.
  2. Larutkan jelly, bubuk agar-agar, gula pasir dan air. Lalu panaskan diatas api sambil diaduk hingga mendidih dan matang.
  3. Masukkan pepaya yang telah dihaluskan, aduk rata dan masak sebentar. Kemudian angkat.
  4. Tuangkan ke dalam cetakan agar-agar yang telah dibasahi oleh air matang. Lalu dinginkan agar-agar hingga mengeras.
  5. Potong-potong, kemudian sajikan dengan susu kental manis.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Puding buah pepaya bisa dijadikan cemilan sehat untuk anak berusia 1 tahun keatas. Supaya lebih menarik, Anda bisa membuat variasi dengan menggunakan cetakan puding yang berbentuk gambar binatang atau kartun. Karena pada dasarnya anak-anak menyukai makanan yang memiliki bentuk unik dan mencolok. Selamat berkreasi!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517