Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Yang Perlu Anda Ketahui

Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua hal yang saling berkaitan dan nampaknya tidak bisa dipisahkan antara satu sama lainnya. Perkembangan fisik dan motorik sangat berhubungan dengan proses pertumbuhan psikis anak. Maka dari itu psikologis perkembangan anak usia dini berkaitan dengan proses tumbuh kembang secara menyeluruh pada anak.

Anak akan mengalami suatu tahapan yang disebut dengan masa keemasan atau golden age pada waktu usia dini dimana anak akan lebih peka terhadap berbagai pengaruh dan stimulus dari luar. Nah, dalam hal ini laju tumbuh kembang anak akan berpengaruh terhadap masa keemasan dari setiap anak.

Pada masa keemasan, anak akan mengalami suatu periode atau tingkatan perkembangan berpikir, motorik, emosi, fisik dan perkembangan dalam hal bersosialisasi. Lonjakan perkembangan tersebut terjadi pada periode hingga berusia 8 tahun. Pada tahap perkembangan usia dini, orangtua harus memberikan perhatian khsusus pada anak sebab hal ini akan memberi pengaruh bagi anak di masa depan.

Perkembangan Kognitif Anak

Dalam tahap perkembangan kognitif anak akan terbagi menjadi beberapa tahapan yang perlu Anda ketahui yaitu sebagai berikut:

  • Tahap sensorimotor

Pada tahapan ini perkembangan si kecil hanya terjadi pada gerakan refleks seperti mengembangkan kebiasaan awal, memperoduksi momen menarik dan menemukan cara baru yang disukai. Tahapan ini berlangsung pada anak hingga berusia 2 tahun.

  • Tahap pra-operasional

Memasuki tahapan ini anak mulai menerima berbagai stimulasi meskipun masih terbatas. Pada tahapan ini kemampuan bahasa si kecil mulai berkembang walaupun pola pikirnya masih belum mampu berpikir secara abstrak. Tahapan ini yaitu pada usia 2 – 7 tahun.

  • Tahap konkret operasional

Nah, memasuki tahapan ini si kecil sudah mampu berpikir secara rasional. Pada tahapan ini kemampuan si kecil sudah terorganisisr dengan baik. Dalam hal ini anak sudah mampu melakukan tugas ringan seperti merapihkan barang-barang sendiri dan menaruhnya ditempat yang seharusnya. Tahap ini berlangsung pada usia 7 – 11 tahun.

  • Tahap formal operasional

Dalam tahapan ini bisa dikatakan anak sudah memasuki usia remaja. Pola pikir anak sudah lebih baik dan berpikir secara hipotetik. Kemampaun anak dalam berpikir terhadap hal-hal yang abstrak sehingga sudah bisa menerima semua pelajaran.

Perkembangan Fisik

Nah, berbicara perkembangan fisik, dalam hal ini terkait dengan perkembangan motorik anak. Pada tahapa perkembangan fisik akan dipengaruhi oleh perkembangan notorik halus dan kasar anak. Untuk menunjang perkembangan fisik, Anda harus senantiasa memberikan asupan makanan yang bergizi untuk anak. Dalam tahap pertumbuhan, anak membutuhkan asupan nutrisi dua kali lipat lebih banyak jika dibandingkan dengan orang dewasa.

Itulah sekilas tentang perkembangan psikologis anak. Dalam tahap pertumbuhan, Anda harus senantiasa memberikan perhatian bagi anak sehingga setiap tahapnya akan terpantau dengan baik.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517