Psikologi Anak: Kenali Kepribadian Anak Untuk Mengembangkan Potensinya

Setiap anak memiliki potensi atau kemampuan yang berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti lingkungan keluarga, sekolah dan lingkungan secara umum. Nah, untuk menyeimbangkan dan menyelaraskan potensi seorang anak maka Anda sebagai orangtua harus mewadahinya. Dalam hal ini terlebih dahulu Anda harus mengetahui cara mendidik anak sesuai dengan kepribadiannya. Mengenali kepribadian atau psikologi anak tergolong salah satu hal yang amat penting sebelum memberikan pendidikan.

Berikut Beberapa Kepribadian Anak Yang Perlu Anda Kenali

  1. Kepribadian Kuat Koleris

Seorang anak yang memiliki kepribadian koleris kuat adalah anak yang secara natural berorientasi pada potensi yang dimilikinya. Anak dengan kepribadian ini secara umum lebih terfokus untuk berprestasiĀ  dan hidupnya lebih terorganisir. Bahkan anak dengan kepribadian ini cenderung memiliki loyalitas tinggi. Untuk menghadapi anak yang memiliki kepribadian ini diperlukan pendekatan dan cara berkomunikasi yang lembut sehingga tidak akanĀ  menyinggung perasaannya.

Anak dengan kepribadian koleris lebih menyukai kejujuran, terus terang dan menghargai keadilan. Untuk mengembangkan kemampuannya, Anda bisa langsung menjelaskan maksud dan tujuan dari tugas yang dibebankan. Pada dasarnya tidak boleh bertele-tele. Selain itu, Anda juga bisa menanyakan cara penyelesaian sehingga bisa memprediksi hasil yang akan dicapai.

  1. Kepribadian Melankolis

Anak dengan kepribadian ini memiliki sifat untuk mengejar kesempurnaan dalam setiap tindakan yang akan dilakukannya. Ketika hasilnya tidak sempurna maka mereka akan merasa sangat kecewa. Dalam menyikapinya maka Anda harus sedikit lebih peka. Melankolis cenderung berorientasi pada tugas, lebih hati-hati, tepat waktu dan suka hal-hal yang teratur.

Untuk mengembangkan potensinya, Anda harus bersikap lembut atau datar. Jika si anak tidak berhasil dalam mengerjakan tugas yang Anda berikan, maka sebaiknya berikan motivasi untuk memperbaikinya. Sebab anak yang memiliki kepribadian ini lebih suka hasil yang perfeksionis sehingga lebih suka mengkritik dirinya sendiri sesuai dengan kondisi yang ditemuinya.

  1. Kepribadian Sanguinis Populer

Nah, kepribadian yang terakhir yaitu sanguinis popular. Anak dengan kepribadian ini memiliki energi yang lebih besar, supel dan lebih suka bersenang-senang. Si anak cenderung mencari perhatian, kasih sayang, dukungan dan pengharapan dari orang lain. Bahkan kepribadian sanguinis akan selalu bergembira dalam segala kondisi. Mereka bisa menempatkan posisi dan menutupi kesedihan yang dirasakan.

Anak-anak dengan kepribadian ini lebih suka memotivasi orang lain dan bisa menghidupkan suasana dengan cara berkomunikasi yang baik. Untuk mengembangkan anak dengan kepribadian ini, Anda cukup memberikan kisi-kisi/petujuk saja sebab mereka lebih kreatif sehingga mampu untuk menyelesaikan tugas dengan baik.

Nah, itulah beberapa karakter atau kepribadian anak yang perlu Anda ketahui supaya lebih mudah untuk mengembangkannya. Potensi anak memang sudah seharusnya dikembangkan sejak dini sehingga kelak ketika tumbuh dewasa akan memiliki kemampuan yang hebat. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517