Proses Pemulihan Pasca Melahirkan Normal

Pemulihan pasca melahirkan normal membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Waktu yang diperlukan minimal 40 hari. Dalam hal ini rahim serta perut membutuhkan waktu untuk kembali pada kondisi semula. Disamping itu, banyaknya pembuluh darah yang terputus serta rasa nyeri yang ditimbulkan tentunya membutuhkan proses pemulihan yang tidak sebentar.

Bagi wanita yang ingin mendapatkan kondisi prima setelah melahirkan tentunya harus bersabar dan tekun dalam menjalani treatmen. Cara sederhana yang harus dipatuhi adalah mencukupi kebutuhan nutrisi dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Disamping itu, pasca melahirkan juga sebaiknya jangan terlalu banyak bergerak karena akan membuat proses penyembuhan di dalam rahim terganggu.

Menjalani proses kehamilan dan melahirkan tentunya akan membuat kondisi rahim mengalami beberapa perubahan sehingga proses pemulihannya membutuhkan waktu. Nah, dari sekian banyak perubahan dan proses pemulihan yang diperlukan, berikut ini beberapa diantaranya yang sudah penulis rangkum.

  1. Pemulihan rahim

Menjalani masa kehamilan akan membuat rahim berkembang akibat dari adanya janin. Nah, setelah proses persalinan berlangsung maka diperlukan beberapa waktu untuk kembali normal seperti sediakala. Disamping itu rahim akan mengalami kontraksi selama proses persalinan berlangsung yang meninggalkan perubahan.

Dalam proses penyembuhan tersebut, Anda diharuskan untuk bersabar dengan mengikuti anjuran dari dokter. Penting sekali untuk memperhatikan konsumsi makanan bergizi dan diikuti dengan latihan ringan sebagai upaya mengembalikan bentuk rahim.

  1. Payudara

Pasca melahirkan, Anda akan mengalami perubahan pada bagian payudara. Dalam hal ini payudara akan cenderung membesar karena memproduksi air susu. Disamping itu, payudara akan lebih sensitif dan terasa nyeri. Nah, untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya Anda tetap melakukan penyusuan karena itulah salah satu cara yang paling efektif.

  1. Berat badan

Yang paling terlihat secara fisik tentunya prubahan pada bentuk fisik seperti peningkatan berat badan secara siginifikan pasca melahirkan. Trik yang paling ampuh yaitu dengan mengontrol pola makan dan rutin berolahraga.

  1. Nyeri perineum/episiotomi

Anda tahu perineum? Bagian tersebut terletak diantara vagina dan anus. Dengan kata lain perineum merupakan penghubung antara keduanya. Pada saat proses persalinan berlangsung, terkadang perineum akan mengalami kerusakan atau robek. Terlebih lagi bagi Anda yang melahirkan bayi dengan bobot tubuh terlalu besar. Bahkan jika bayi susah keluar, biasanya dokter akan mengambil tindakan dengan memotong perineum. Proses penyembuhan tersebut mebutuhkan waktu sekitar 6 minggu.

  1. Gangguan pencernaan

Tidak hanya pada waktu hamil, pasca persalinan biasanya sebagian wanita akan mengalami gangguan pencernaan terkait dengan sembelit atau susah buang air besar. Dalam hal ini sebaiknya Anda menghindari konsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia.

Pasca melahirkan biasanya akan mengalami gangguan buang air besar sehingga terasa sangat menyakitkan karena adanya peradangan pada bagian anus. Bagi Anda yang mengalami gangguan tersebut sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dan konsumsi makanan yang bisa melancarkan pencernaan seperti sayur dan buah-buahan.

  1. Inkontinensia urin

Adanya peregangan otot selama proses persalinan berlangsung akan mengakibatkan otot pada bagian panggul melemah dan biasanya hal ini akan menyebabkan kesulitan dalam mengontrol urin. Dalam beberapa waktu gangguan tersebut akan membaik tergantung dari beberapa faktor seperti metode melahirkan  maupun usia.

Related Posts

Share This