Proses Melahirkan Bayi Kembar Juga Bisa Dilakukan Tanpa Caesar

Hai bunda! Apakah saat ini Anda tengah mengandung bayi kembar? Anda jangan dulu terburu-buru mengambil keputusan untuk melakukan operasi caesar untuk proses melahirkan bayi kembar. Mengapa? Karena selama kondisi memungkinkan, Anda masih bisa melahirkan dengan normal walaupun kehamilan Anda kembar. Banyak diantaranya para ibu hamil kembar yang menjalankan proses persalinan dengan cara caesar, padahal kemungkinan besar mereka masih bisa menjalankan proses melahirkan bayi kembar dengan cara normal.

Dr Jon Barrett dari Sunnybrook Health Sciences Center di Toronto, Kanada, telah melakukan penelitian terhadap sejumlah ibu hamil yang memiliki janin kembar. Penelitian yang menantang ini dilakukan Dr Jon guna menjawab pertanyaan mengenai penting atau tidaknya operasi caesar di lakukan untuk melahirkan bayi kembar. Karena untuk saat ini operasi caesar merupakan satu peraktek yang marak di lakukan. Dan jika kita melihat angka kelahiran, ada tiga per empat diantaranya merupakan bayi kembar yang lahir karena operasi caesar.

Melahirkan bayi kembar secara normal memang memiliki resiko yang jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan melahirkan anak tunggal. Dan salah staunya yaitu terjadinya komplikasi terhadap ibu. Dan kelahiran caesar dianggap mampu mengurangi terjadinya resiko tersbeut. Pada penelitian yang telah di lakukan ini yang memang telah di terbitkan dalam New England Journal of Medicine, ini dilakukan oleh The Canadian Institute of Health Research.

Sebuah penelitian yang di pimpin oleh Barrett ini yang dilakukan di 25 negara melibatkan hampir 2.800 perempuan hamil. Bahkan semua bayi kembar akan dipastikan dalam kondisi yang aman untuk di lahirkan. Namun, banyak diantaranya dokter yang menyarankan untuk melakukan operasi caesar, jika posisi bayi dalam keadaan sungsang.

Nah, dari penelitian tersebut ada setengah dari ibu hamil di jadwalkan harus melakukan operasi caesar, dan sisanya harus menjalankan proses persalinan normal. Dari hasil itu, sebanyak 40% dari ibu hamil yang dijadwalkan untuk melahirkan normal justru harus menempuh jalan caesar. Kemudian 10% yang dijadwalkan operasi caesar ternyata masih bisa melahirkan secara normal.

Dari proses persalinan, ada 2% bayi yang baru lahir dan beberapa diantaranya meninggal dunia serta mengalami masalah yang serius. Namun kenyataannya, meninggalnya bayi tersebut justru tidak dipengaruhi oleh cara mereka lahir. Karena proses persalinan normal ataupun caesar tidak akan menjadi tolak ukur keselamatan bayi. Bahkan pilihan proses persalinan pun tidakpula berisiko meningkatkan komplikasi pada sang ibu. “Hasil ini menunjukkan, tidak semua bayi kembar harus dilahirkan secara normal,” komentar dr Michael Greene dari Rumah Sakit Umum Massachusetts, Amerika Serikat.

Itu artinya, seorang ibu yang mengandung bayi kembar tidak perlu harus merencanakan untuk melangsungkan persalinan dengan operasi casar. Karena ibu hamil anak kembar masih bisa melangsungkan persalinan dengan proses yang normal. Hal ini bisa dilakukan jika kondisi ibu memungkinkan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517