Prinsip Memilih Menu Diet Ibu Menyusui

Setelah menjalani proses kehamilan dan melahirkan, kini Anda dihadapkan dengan salah satu tahapan yang membutuhkan tenaga ekstra. Proses menyusui membutuhkan asupan nutrisi lebih banyak seperti halnya pada waktu menjalani kehamilan. Menu diet sehat ketika menyusui hendaknya mengandung beberapa kelengkapan nutrisi seperti karbohidrat, vitamin, protein dan mineral.

Pada dasarnya pola makan ketika hamil dan menyusui tidak memiliki perbedaan yang terlalu signifikan. Dalam hal ini Anda harus lebih mengutamakan kelengkapan nutrisi yang akan menunjang kualitas serta kuantitas ASI. Yang dimaksud dengan diet ibu menyusui disini adalah menjaga asupan makanan bergizi guna menjaga berat badan ideal selama menyusui dan menjaga kualitas ASI.

Perlu Anda ketahui bahwa ASI merupakan sumber makanan paling baik/terbaik untuk bayi usia 0-6 bulan. Menu diet untuk ibu menyusui hendaknya lebih mengutamakan kelengkapan gizi sehingga tidak rendah kalori. Sebab jika diet pada waktu menyusui terlalu ketat maka akan membahayakan kesehatan dan mengganggu produksi ASI.

Ibu menyusui membutuhkan tenaga ekstra sehingga jika asupan nutrisi kurang maka hal ini akan membahayakan kesehatannya. Secara tidak langsung untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tersebut maka akan mengambil cadangan dari tubuh sehingga hal ini tentunya akan berdampak buruk terhadp kesehatan.

Kualitas dan kuantitas ASI sangat bergantung terhadap kesehatan ibu hamil. Maka dari itu dalam hal ini sangat dianjurkan bagi ibu menyusui supaya tetap menjaga kebugaran tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan sesekali berolahraga.

Disamping menjaga kesehatan fisik, ibu menyusui juga harus bisa mengontrol emosi sehingga produksi ASI tidak terhambat. Usahakan supaya terhindar dari stres dan senantiasa selalu tenang. Anda bisa mengikuti latihan meditasi atau yoga sebagai upaya menghindari stres menyusui.

Wanita menyusui pada dasarnya mem,butuhkan asupan kalori sekitar 2500 kkal perharinya. Semuanya bisa diperoleh dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan menghindari jenis makanan tidak sehat serta berlemak yang bisa menghambat produksi ASI.

Cara terbaik untuk mengatur menu dan menurunkan berat badan selama menyusui adalah dengan menerapkan teknik pola makan sehat dan secara bertahap. Jangan pernah melakukan diet keras sesaat seteleh Anda melahirkan karena bisa berdampak buruk terhadap pemulihan rahim dan juga kualitas ASI yang dihasilkan.

Program menurunkan berat badan secara drastic akan mempengaruhi ASI dan kesehatan Anda. Alangkah lebih baiknya jika Anda menggunakan cara yang lebih bersifat alami seperti mengkonsumsi air putih minmal 2 liter per hari atau lebih banyak mengkonsumsi makanan berserat seperti sayur dan buah.

Ragam dan keseimbangan merupakan 2 faktor penting untuk diet waktu menyusui. Anda harus tetap mengkonsumsi makanan yang lebih bervariasi dengan kelengkapan nutrisi seperti karbohidrat, vitamin, protein dan mineral. Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh atau lemak trans. Konsumsilah jenis ikan yang memiliki kandungan lemak baik seperti salmon dan tuna. Ikan jenis tersebut mengandung omega-3 yaitu DHA dan EPA untuk kecerdasan anak.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517