Prinsip Memilih Makanan Ibu Hamil

Makanan ibu hamil. Perlu Anda ketahui bahwa makanan sehat merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Setiap makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan berdampak terhadap kesehatan janin. Dalam hal ini ibu hamil harus lebih selektif untuk memilih jenis makanan bergizi serta mengetahui jenis makanan yang harus dihindari.

Makanan adalah kunci utama untuk memperoleh kehamilan sehat. Makanan untuk ibu hamil harus senantiasa mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembang janin. Perkembangan janin di dalam kandungan sangat tergantung dari bagaimana perlakuan serta makanan yang dikonsumsi oleh sang ibu.

Jenis makanan dan pola makan yang Anda terapkan akan berpengaruh terhadap janin di dalam kandungan. Maka dari itu, sebagai ibu yang cerdas maka Anda harus mengetahui prinsip-prinsip dasar mengenai makanan untuk wanita hamil.

Berikut Prinsip Memili Makanan Yang Baik Selama Hamil

Pola Makan

Ketika memasuki masa kehamilan, maka Anda harus mulai merubah pola makan. Perlu Anda ingat bahwa pola makan wanita biasa dan wanita hamil memiliki perbedaan. Hal ini mengingat adanya janin yang memerlukan asupan nutrisi sehingga ibu hamil harus mengkonsumi zat gizi dua kali lipat dari sebelum hamil.

Ibu hamil dianjurkan untuk memperbanyak mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung protein, vitamin, kalsium, mineral zat besi, asam folat dan nutrisi penting lainnya. Pada dasarnya ibu hamil membutuhkan tambahan asupan kalori sebanyak 300 kalori setiap harinya.

Hindari Diet

Diet pada waktu hamil tidak akan membahayakan janin dan kesehatan ibu hamil apabila dilakukan secara tepat. Namun meskipun demikian sebaiknya ibu hamil menghindari diet guna mengoptimalkan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin. Anda tidak perlu khawatir dengan kenaikan berat badan selama hamil karena kondisi tersebut bersifat wajar. Yang terpenting Anda mampu mengontrol kenaikan berat badan tersebut sehingga tidak akan mengganggu kehamilan.

Jauhi Makanan Berbahaya

Ibu hamil harus mengetahui jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi pada waktu hamil seperti susu tanpa pasteurisasi, kafein dan alkohol. Hindari pula makanan yang mengandung kadar lemak tinggi dan makanan mentah/setengah matang karena dikhawatirkan mengandung bakteri Listeria.

Makan Dengan Porsi Kecil Namun Sering

Tahap awal kehamilan merupakan saat-saat dimana ibu hamil akan mengalami keluhan mual dan muntah. Kondisi tersebut kadang membuat ibu hamil kehilangan nafsu makan. Cara ampuh untuk menyiasatinya yaitu menerapkan pola makan sedikit namun sering.

 

Konsumsi Makanan Berserat

Buah-buahan dan sayuran merupakan pilihan terbaik yang bisa dikonsumsi selama masa kehamilan. Kandungan serat dari makanan tersebut berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mengatasi berbagai keluhan seputar kehamilan.

 

Perhatikan Asupan Cairan

Konsumsilah air putih minimal 2 liter setiap harinya untuk mencegah dehidrasi dan memperlancar sirkulasi darah yang membawa nutrisi untuk janin. Asupan cairan yang mencukupi juga berguna untuk menjaga volume air ketuban dalam keadaan seimbang.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517