Prinsip Dasar Dalam Menyusui Bayi

ASI merupakan sumber makanan terbaik dan paling utama untuk bayi. ASI memiliki kelengakapan nutrisi yang tidak bisa digantikan oleh sumber makanan yang lain. Pemberian ASI ekslusif selama 6 bulan adalah salah satu solusi untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil. Menyusui sangat penting untuk memberikan asupan makanan dan nutrisi bagi bayi. Selain itu, menyusui juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan si kecil. Kandungan zat-zat di dalam ASI bersifat antibakteri sehingga mencegah infeksi penyakit dan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil.

Selain bermanfaat untuk bayi, menyusui juga sangat bermanfaat untuk kesehatan ibu. Dengan menyusui secara rutin maka akan menghindarkan Anda dari resiko penyakit berbahaya seperti kanker payudara. Menyusui juga sebagai salah satu cara dalam membangun dan meningkatkan hubungan batin Anda dengan bayi. kontak fisik yang sering terjadi akan membuat bayi merasa lebih aman dan nyaman sehingga hal ini berpengaruh terhadap perkembangan psikologisnya.

Pemberian ASI secara rutin tanpa dibatasi sangat bermanfaat dalam mencegah pembengkakan pada payudara sehingga membantu memperlancar produksi ASI. Tindakan menyusui yang dilakukan untuk pertama kali merupakan momen yang sangat spesial untuk bayi. Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa air susu yang pertama kali keluar mengandung banyak nutrisi yang berguna untuk bayi. Oleh karena itu jangan pernah membuang air susu yang pertama kaliĀ  keluar.

Bagi wanita yang baru pertama kali menyusui, mungkin aktivitas tersebut terbilang membingungkan karena belum mengetahui cara yang benar. Namun seiring dengan berjalannya waktu, kegiatan ini akan menjadi kebiasaan yang menyenangkan. Dalam hal ini Anda di tuntut untuk mengetahui cara yang benar sehingga bisa memberikan ASI secara optimal untuk si kecil.

Kiat Sukses Untuk Memberikan Asi Pada Awal-awal Penyusuan

Seorang ibu mempunyai tugas untuk menyusui bayi dalam rangka memberikan asupan nutrisi untuk menunjang tumbuh kembangnya. Ada beberapa hal yang harus di ketahui seputar menyusui bayi yaitu sebagai berikut :

  • Berikan ASI untuk si kecil sesaat setelah dilahirkan. Bayi yang baru lahir biasanya akan merasa lapar lebih cepat karena belum bisa beradaptasi dengan lingkungan baru. Biasanya ketika bayi di dalam rahim akan mendapat pasokan makanan secara terus menerus dari ibunya melalui plasenta.
  • Dalam menyusui bayi sebaiknya Anda menciptakan suasana yang tenang dan nyaman. Hal ini supaya pasokan ASI lancar dan bayi mendapatkan ASI secara maksimal. Lingkungan yang bising akan membuat si kecil kehilangan fokus untuk menyusu dan bahkan menjadi rewel.
  • Perhatikan posisi yang nyaman pada waktu menyusui untuk menunjang kenyamanan Anda dan bayi. Gunakan bantal untuk menopang bayi di dalam pangkuan Anda dan gunakan juga bantal sebagai sandaran Anda ketika menyusui.
  • Jika Anda belum berpengalaman dalam hal menyusui sebaiknya meminta bantuan dan bimbingan dari perawat atau orang terdekat Anda yang sudah berpengalaman dalam hal ini.

Itulah kiat yang bisa Anda lakukan ketika menyusui bayi untuk pertama kali. Wawasan yang luas dan informasi yang akurat sangat penting bagi Anda dalam menunjang kelancaran proses menyusui. Penting sekali bagi Anda untuk mengetahui teknik yang benar dalam menyusui bayi. Selama proses menyusui, Anda disarankan untuk menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan melakukan olahraga ringan secara rutin. Olahraga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah sehingga mendukung produksi ASI.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517